MotoGP 2020

Kastara.ID, Valencia – Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP musim 2020 ini, setelah finis ketujuh di Seri Valencia, Ahad (15/11) lalu. Gelaran MotoGP 2020 ini terbilang sangat pendek, dari Juli sampai November dengan banyak pengurangan balapan.

Pertarungan juga digelar dua kali di sirkuit yang sama untuk beberapa seri, dan hanya berlangsung di Eropa. Selain itu, musim ini juga tanpa kehadiran sang juara dunia bertahan, Marc Marquez.

Kondisi tersebut membuat sebagian besar pihak meremehkan raihan Mir saat Marquez absen. “Orang yang mengatakan ini, itu karena mereka tidak tahu banyak tentang balap motor. Marquez tidak ada di sini bukan karena dia sedang diculik,” ujar Mir dengan nada marah seperti dilansir Motorsport.

Mir menegaskan, Marquez absen panjang karena salah sendiri saat berusaha bertarung di kompetisi 2020 ini.

“Marquez hadir di balapan pertama, berusaha keras untuk menang di seri itu dan memenangkan kejuaraan tapi dia melakukan kesalahan yang membuatnya kehilangan satu musim. Itu dia,” jelas Mir.

“Ini adalah bagian dari permainan, olahraga, dan MotoGP. Saya tidak menganggap gelar ini kurang pantas untuk diraih karena Marquez tidak ada di sana ketika dia cedera,” timpal pembalap asal Mallorca itu.

Gelar juara dunia yang disabet Mir musim ini adalah penantian 20 tahun bagi Suzuki. Nama Mir kini menjadi pembalap Spanyol keempat yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP (kelas utama), bersanding dengan Alex Criville, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez. (tra)