Datsun CROSS

Kastara.id, Jakarta – Datsun hari ini (18/1) melakukan debutnya dalam World Premiere mobil compact cross-over serbaguna, Datsun CROSS, di Jakarta. Hadir dengan desain stylish, teknologi, dan fitur keselamatan yang canggih, Datsun CROSS menjadi awal baru perjalanan Datsun di Indonesia.

Dirancang untuk beragam kondisi berkendara, Datsun CROSS akan memperkuat deretan produk dan menjadi flagship baru untuk Datsun. Dengan ground clearance tinggi 200 mm, mobil yang dirancang untuk pasar Indonesia ini memiliki body cladding yang kokoh dan under body skid plates untuk melewati beragam kondisi jalan.

Desain interiornya yang serbaguna, memiliki ruang yang lega untuk lima orang dewasa dan ruang tambahan untuk bagasi atau anak-anak jika dibutuhkan pada baris ketiga. Ditambah dengan beragam fiturnya, Datsun CROSS akan memberikan sentuhan petualangan pada setiap perjalanan.

Selain pilihan transmisi manual, Datsun CROSS juga hadir dengan X-Tronic CVT (continuously variable transmission). X-Tronic CVT ini diperkenalkan pertama kalinya di jajaran produk Datsun sebagai teknologi CVT generasi terkini untuk semakin meningkatkan kemampuan dan kenyamanan berkendara. Dengan perpindahan percepatan yang halus dan mudah dikendarai, sistem transmisi ini juga hemat bahan bakar. Keunggulan tersebut memberikan kinerja yang lebih baik, lebih awet, ringan dan ringkas dibandingkan transmisi otomatis konvensional.

Hadir sebagai yang pertama di segmennya, Datsun CROSS telah dilengkapi fitur keselamatan seperti Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai standar di semua varian.

Menurut Corporate Vice President Nissan Motor Co., Global Head of Datsun, Jose Roman, Datsun CROSS yang memang diarahkan untuk konsumen di Indonesia, menawarkan fungsionalitas kendaraan crossover dan sederet teknologi canggih. “Mobil ini menandai fase berikutnya dalam rencana Datsun untuk memberi mobilitas pribadi kepada generasi pelanggan baru yang menginginkan mobil baru yang dapat mereka banggakan,” ujarnya.

Dengan desain eksterior bagian depan yang gagah, body cladding yang kokoh, serta proporsi crossover yang pas, membuat profil Datsun CROSS menjadi lebih menonjol dari lainnya, sekaligus memastikan bahwa penumpangnya dapat menikmati kenyamanan.

Secara keseluruhan, Datsun CROSS memang menyasar segmen pelanggan yang aspiratif, life challenger. Diyakini Datsun CROSS akan membuka segmen pasar baru ketika penjualan resminya dimulai pada Maret 2018 mendatang.

Yang patut dibanggakan dari Datsun CROSS adalah produk yang sangat khas untuk pasar Indonesia dan menjadi flagship baru Datsun. Pihak Datsun sendiri mengakui kalau produk terbarunya ini secara khusus diciptakan untuk beragam kondisi jalan di Indonesia, terutama dengan ground clearance setinggi 200 mm, pelek besar 15 inci, dan body cladding yang kokoh dan stylish.

Digerakkan oleh mesin bensin 1,2 liter yang ringan dan sangat responsif untuk menyeimbangkan antara kinerja yang lincah dan penghematan bahan bakar yang besar, penyematan transmisi X-Tronic CVT generasi terkini makin menambah kehalusan dan kenyamanan berkendara.

Harus diakui Datsun mencermati desain keserbagunaannya yang menjadikan Datsun CROSS berbeda dari yang lain. Sebagai produk baru yang berani merefleksikan transportasi pribadi, juga sebagai kendaraan untuk semua gaya hidup dan berbagai kebutuhan. Sehingga layak jika mobil ini siap dijadikan mitra andal dan praktis, serta siap segera menjadi bagian aktivitas keseharian yang tak terpisahkan.

Pemilihan nama CROSS sendiri menggambarkan karakter ganda, melintasi batas kehidupan sehari-hari, melakukan tugas rutin dengan mudah, namun siap untuk menghadapi tantangan petualangan baru bila diperlukan.

Kehadiran Datsun CROSS sendiri sebenarnya merupakan pembuktian janji kembalinya Datsun ke Indonesia. Seperti yang diungkapkan Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito di awal kehadiran Datsun di Indonesia. Menurutnya, ketika Datsun kembali ke pasar Indonesia, pihaknya berjanji akan akan memberikan tiga model dalam tiga tahun. “Datsun CROSS yang baru ini merupakan komitmen kami akan hal tersebut, dan lebih dari itu, desainnya yang dinamis akan memperkenalkan kita pada segmen pasar baru,” katanya.

“Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru. Mobil yang membawa Datsun jauh di depan pesaingnya,” pungkas Eiichi Koito. (dwi)