Land Rover Seri I

Kastara.id, Jakarta – Terinspirasi oleh Jeep Willys dari Perang Dunia II, industri otomotif Inggris menciptakan Land Rover Series I. Contoh produk massal pertamanya diluncurkan dari jalur perakitan pada tahun 1948, dan sebelum mereka, Land Rover menyelesaikan tiga model pra-produksi tepat pada waktunya. Untuk peluncuran premier dunia, Land Rover Series I diperkenalkan di Amsterdam Motor Show 1948. Seri I ini adalah salah satunya dan sebelumnya dinyatakan sudah hilang selama 63 tahun.

Pihak Land Rover sendiri mengakui tidak mau melewati kesempatan ini untuk merestorasi Seri I dengan sangat memperhatikan detail-detailnya. Untuk hal ini, tim Classic Works di Coventry, Inggris, ditugaskan untuk membawa Seri I kembali ke kejayaannya yang terdahulu dan seakurat mungkin.

“Land Rover ini adalah bagian sejarah otomotif dunia yang tak tergantikan dan sama pentingnya dengan ‘Huey’, Land Rover pra-produksi pertama,” kata Tim Hannig, Direktur Classic Works.

“Memulai restorasi simpatik di Classic Works, di mana kita bisa memastikannya kembali persis seperti yang seharusnya terjadi, adalah cara yang tepat untuk memulai ulang tahun ke-70 Land Rover,” tambah Tim Hannig.

Land Rover Seri I

Proyek penting ini akan memakan waktu dan usaha, yang sangat jelas sekali saat memperhatikan seri pra-produksi I. Selain karat, serta baut dan emblem yang hilang, mesinnya tidak menyala, dan ruang kemudi yang memprihatinkan. Tim mengakui bahwa tidak akan mudah merestorasi Seri I mengingat keadaan di dalamnya. Tapi ini adalah urusan pria dalam dunia Land Rover yang paling berbakat yang melakukan pekerjaannya.

Sebelum melakukan produksi massal, Land Rover telah menghasilkan 48 contoh dari seri pra-produksi I, termasuk tiga kendaraan yang dipamerkan di Amsterdam Motor Show pada bulan April 1948. Semua seri Land Rover ini memiliki fitur khusus yang eksklusif untuk pra produksi. Kendaraan, termasuk panel paduan aluminium yang lebih tebal, chassis galvanis, dan bak belakang yang bisa dilepas.

Seperti setiap Seri I yang diproduksi pada tahun 1948, mobil ikonik ini didorong oleh mesin 1.6 liter dengan sekitar 50 tenaga kuda. Terhubung dengan transmisi manual empat kecepatan seperti yang ada di sedan salon eksekutif Rover P3. Mesinnya menggerakkan keempat roda dengan bantuan kotak transfer dua kecepatan. (dwi)