Syekh Adnan Al-Afyouni

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kunjungan Syekh Adnan Al-Afyouni yang merupakan Mufti Damaskus, Suriah, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Anies mengatakan, kedatangan Syekh Adnan Al-Afyouni turut didampingi oleh pelajar maupun mahasiswa yang pernah menimba ilmu di Suriah yang tergabung dalam Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami).

“Kedatangan beliau untuk silaturahmi, tadi kami juga banyak berdiskusi membahas kemungkinan potensi kerja sama antara Jakarta dengan Damaskus,” ujarnya, Jumat (18/1).

Anies menambahkan, Syekh Adnan Al-Afyouni juga menjadi pemimpin lembaga pendidikan di Damaskus. Untuk itu, ia berharap agar nantinya ada anak-anak dari Jakarta yang mendapatkan kesempatan belajar di lembaga pendidikan tersebut.

Sementara, Syekh Adnan Al-Afyouni merasa gembira dapat bersilaturahmi dan berdiskusi dengan Anies untuk membahas potensi kerja sama, terutama di bidang keilmuan maupun kebudayaan.

“Suriah atau Syam adalah lokasi yang sangat dikenal sebagai lumbung ilmu, di sana menjadi tempat banyak orang menuntut ilmu,” terangnya.

Syekh Adnan Al-Afyouni menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dirinya juga menyampaikan mengenai potensi anak-anak dari Indonesia yang belajar ke Suriah.

“Mereka punya keistimewaan akhlak dan serius dalam menuntut ilmu. Masyarakat Suriah mencintai orang-orang Indonesia,” tandasnya.

Dalam kunjungannya ke Balai Kota DKI Jakarta, Syekh Adnan Al-Afyouni juga diberikan kehormatan untuk menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Fatahillah. (hop)