Fokus Depok

Bahan Ramah Lingkungan untuk Pembuatan Sumur Resapan

Kastara.ID, Depok – Pembuatan Sumur Resapan (SR) yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok di beberapa kecamatan tahun lalu, menggunakan bahan ramah lingkungan. Bahan yang digunakan yaitu Polipropilena daur ulang.

“Ya benar, pembangunan SR memperhatikan setiap detail pekerjaan. Salah satunya, penggunaan material bahan yang ramah lingkungan,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (17/1).

Untuk daya tampung setiap SR, lanjutnya, mencapai 0,125 meter kubik – 125 liter air. Sementara kekuatan tekanan mencapai 35 ton/meter persegi.

“Polipropilena daur ulang ini juga sudah tersertifikasi ISO 9001:2008. Meskipun pembuatan SR menggunakan pihak ketiga, dalam pengerjaannya kami tetap melakukan pengawasan,” terangnya.

Citra menyebut, SR adalah solusi paling tepat untuk mengurangi aliran permukaan sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir dan genangan air, serta mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.

“SR juga memiliki manfaat untuk mengurangi erosi dan sedimentasi, mengurangi atau menahan intrusi atau penyusupan air laut bagi daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai dan mencegah penurunan tanah (land subsidence) yang mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah,” tutupnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…