Eko Herwiyanto

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok mengadakan kegiatan Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) secara virtual dan tatap muka di Ruang Rapat Kantor Disporyata Kota Depok, Kamis (18/2). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plh Wali Kota Depok Sri Utomo.

RPJMD Visi kota Depok Disporyata mendapat amanah yang baru mewujudkan masyarakat yang relejius dan berbudaya berbasis kebhinekaan dan ketahanan keluarga serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri berdaya saing yang nantinya berkerja bersama-sama dengan perangkat yang lain.

Disporyata Kota Depok terus melakukan penataan program. Untuk memaksimalkan program kerja di tahun 2022, pihaknya memiliki lima isu strategis yang ditetapkan melalui Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2021.

“Kelima isu sejalan dengan isu strategis Kota Depok tahun 2021-2026. Yaitu dalam peningkatan bidang kepemudaan, olahraga, kebudayaan, dan pariwisata,” kata Seketaris Dinas Kota Depok, Eko Herwiyanto saat memberikan paparan pada Forum Renja Perangkat Daerah Disporyata Kota Depok di ruang kerjanya.

Adapun lima isu strategis Disporyata Kota Depok antara lain kemandirian dan kepemimpinan pemuda, peningkatan prestasi dan memasyarakatkan olahraga, serta pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemudian, pelestarian budaya dan pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Eko menambahkan, terdapat beberapa strategi yang akan dilakukan dalam menjawab isu tersebut. Di antaranya dengan pemberdayaan pemuda, pengembangan semangat wirausaha, dan pemasyarakatan olahraga tradisional serta peningkatan prestasi olahraga.

“Juga akan dilakukan pemenuhan sarana dan prasarana olahraga. Selain juga meningkatkan promosi wisata di Kota Depok,” ungkapnya.

Implemtasinya nanti diwujudkan di sebelas program sudah disusun, salah satunya program penunjang urusan pemerintah daerah kebutuhan rutin ada juga program daya saing kepemudaaan, program daya saing kapasitas ke olahragaan, kemudian ada program pengembangan kepasitas kepramukaan, program kebudayaan, program pembinaan sejarah, program pelestarian cagar budaya, program daya tarik dinas di pariwisata, ada juga program pengembangan pariwisata dan terakhir program ekonomi kreatif.

Nantinya isu-isu ini bisa terjawab, akan terkaver visi, misi wali kota Depok ke depannya untuk tahun 2022. (*)