Dudi-Miraz

Kastara.ID, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok untuk tahun 2021 telah memiliki agenda yang terstruktur untuk dilaksanakan. Adapun untuk agenda tersebut telah dirumuskan menjadi lima program.

“Ada lima program yang menjadi fokus kami. Masing-masing bidang memiliki program prioritas yang harus diselesaikan tahun ini,” ujar Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz usai memimpin Musyawarah Kerja Kota (Mukerkot) di Markas PMI Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC), Kamis (18/2).

Dudi merinci, kelima rencana kerja di antaranya penanggulangan bencana meliputi penyusunan SOP tanggap darurat bencana, peningkatan ruang fasilitas posko, pembentukan gudang PMI dan lain sebagainya. Selanjutnya, program pengembangan SDM dan pendidikan latihan, meliputi forum Palang Merah Remaja Indonesia (PMR), lomba PMR online, sosialisasi serta pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah.

“Untuk program pengembangan organisasi, antara lain bulan dana kemanusiaan PMI tahun 2021, pendirian yayasan koperasi PMI Kota Depok dan lain sebagainya. Selain itu ada juga program pengembangan kapasitas sukarelawan PMI yang meliputi pelatihan vertical rescue, pelatihan Training of Facilitator (TOF) dan lain-lain,” ungkapnya.

Terakhir, program pelayanan sosial kesejahteraan masyarakat. Meliputi pelayanan ambulans gratis, pelatihan pertolongan pertama pada masyarakat, penguatan respon masyarakat terhadap Covid-19 dan masih banyak lagi.

“Yang jelas, tahun ini kami fokus untuk membantu Pemerintah Kota Depok dalam penanggulangan bencana non alam yaitu Covid-19,” tutupnya. (*)