Vaksinasi

Kastara.ID, Jakarta – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Jakarta Utara mendukung penuh upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara dalam percepatan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia.

Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kota Jakarta Utara, Maryanto memastikan dukungan yang diberikan berupa kebijakan perbantuan perawat. Ia mengatakan, dukungan PPNI Jakarta Utara tersebut merupakan wujud kolaborasi bersama Pemkot Jakarta Utara dalam percepatan pencapaian target 100 persen vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

“Pada dasarnya kami siap mendukung percepatan vaksinasi lansia ini. Kami akan terjunkan perawat membantu tim medis memberikan vaksinasi bagi lansia khususnya di Jakarta Utara,” kata Maryanto (17/3).

Ia menjelaskan, perawat yang sedang libur atau lepas piket dapat ditugaskan dalam kegiatan percepatan vaksinasi lansia ini. Untuk jumlah perawat yang dikerahkan dalam vaksinasi tersebut disesuaikan dengan kondisi perawat yang libur dan lepas piket.

“Anggota kami yang aktif ada sekitar 3.000 perawat. Mereka keseharian juga bertugas sebagai tim medis di rumah sakit, puskesmas, hingga klinik. Mereka bisa diperbantukan untuk percepatan vaksinasi lansia saat mereka libur atau lepas piket,” ucapnya.

Sementara Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dewan Pengurus Daerah PPNI Kota Jakarta Utara terkait kerja sama penambahan tenaga medis sebagai bentuk upaya percepatan vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

“Untuk mempercepat vaksinasi lansia tentu dibutuhkan inovasi menyesuaikan potensi yang ada di wilayah. Tidak hanya kepada PPNI, kami juga akan berkolaborasi dengan stakeholder lain untuk dapat menyukseskan vaksinasi lansia ini hingga 100 persen,” tandasnya. (hop)