Tausiah Ramadan

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris kembali memberikan Tausiah Ramadan di hari kelima bulan puasa. Kali ini dirinya menyampaikan materi terkait Tilawah Quran dan zikir sebagai salah satu amalan Ta’abbudi di bulan Ramadan.

“Amalan ibadah ritual adalah Tilawatil Quran, Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk Tilawatil Quran, bacalah Al-Quran, kerena setip huruf dalam bacaan kalian dari Al-Quran merupakan satu kebaikan yang diberikan Allah SWT,” ujar Mohammad Idris melalui kanal Youtube pribadinya yang diwartakan di situs resmi Pemkot Depok (17/4).

Menurutnya, dalam sejarah Islam, para Salafus Saleh pada bulan Ramadan berlomba-lomba untuk khatam Al-Quran. Bahkan, dikisahkan mereka mampu melakukan khataman Al-Quran setiap hari selama bulan Ramadan.

“Subhanallah, yang mungkin ini sulit atau tidak bisa kita lakukan, tapi ini sebuah motivasi, sebuah anjuran yag memang kita digesa, dimotivasi, dipacu untuk berlomba-lomba membaca Al-Quran,” jelasnya.

Amalan Ta’abbudi selanjutnya yaitu memperbanyak wirid dan zikir. Sebab, dengan melakukan wirid dan zikir, dapat memperkuat spiritual, mental, serta ketergantungan kepada Allah SWT.

“Bahwa orang yang tidak pernah ingat Allah SWT, ini dikatakan oleh para ulama sebagai orang yang sombong dalam kehidupannya. Seakan-akan mereka tidak punya tempat bersandar dan tidak menjadikan Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai tempat mengadu, tempat bersandar dalam seluruh permasalahan kehidupannya,” tandasnya. (dha)