Kastara.ID, Iowa — American Power Systems, Inc. (APS) telah mengembangkan seri baru alternator RPM turn-on yang lebih rendah sehingga ideal bagi mereka yang perlu mengisi penuh bank daya sekunder dalam waktu singkat, bahkan saat stasioner.

Seri 130 HPI telah dikembangkan guna mendapat RPM turn-on lebih rendah yang kokoh, sehingga memungkinkan pengguna akhir memulai pengisian daya bahkan pada kecepatan rendah atau stasioner. Karena menyala lebih cepat, sistem daya sekunder dapat mencapai pengisian penuh dalam jangka waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan alternator yang memulai output pada RPM yang lebih tinggi.

“Lini baru ini merupakan faktor penentu bagi mereka yang perlu meningkatkan unit daya sekunder dengan pesat,” ujar American Power Systems, Inc. Presiden & CEO Amy Lank. “Kemampuan pengisian ulang bank baterai dari mana saja mengurangi ‘rentang kecemasan’ yang dirasakan pengemudi ketika daya listrik baterainya rendah, dan mereka berada jauh dari infrastruktur pengisian daya tradisional. Ini juga berarti bahwa tipe kendaraan menjadi lebih efisien karena mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar serta memerlukan lebih sedikit daya dari mesin untuk memulai pengisian daya,” jelas Lank.

Alternator baru ini ideal untuk digunakan sebagai alternator sekunder bagi kendaraan dengan sistem bank baterai litium yang diperlukan menyediakan listrik untuk peralatan di armada, termasuk RV dan mobil van lainnya, kapal pesiar dan perahu layar, truk kerja, kendaraan darurat, serta kendaraan pengawas yang melakukan aktivitas pengumpulan data atau lainnya.

Sementara beberapa kendaraan masih perlu berhenti total untuk mengisi daya, model alternator baru ini juga dapat menurunkan RPM yang dibutuhkan. Seri 130 HPI baru juga menjadikan kendaraan yang beroperasi di bawah aturan mesin stasioner dengan kemampuan untuk mengisi ulang daya mesin dengan cepat saat stasioner dalam kurun waktu yang singkat, memungkinkan mereka berada di lapangan lebih lama serta menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Seri 130 HPI menyertakan opsi 24- dan 48-volt dengan beberapa tipe pemasangan. (har)