Kastara.ID, Austin – Pembalap Prancis, Fabio Quartararo, berhasil raih podium pada race hari Ahad (16/4) lalu di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat 2023.

Pembalap Monster Energy Yamaha itu menyelesaikan balapan di posisi ketiga, setelah dikalahkan pembalap Italia, Luca Marini, beberapa lap menjelang finis.

Hasil podium tentu saja membuat Quartararo senang, memberinya kepercayaan diri lagi. Tapi jelas ini tidak serta merta menyelesaikan masalah pada motor Yamaha M1.

Quartararo masih kesulitan dengan masalah wheelie yang berlebihan pada mesinnya, mencegahnya berakselerasi dari tikungan sebaik yang dia inginkan.

“Ini tidak menyelesaikan semua masalah yang kami miliki. Tapi demi kepercayaan diri saya dan kebaikan tim, kami telah bekerja sangat keras sehingga podium ini sangat bagus untuk tim dan memberi kami kepercayaan diri untuk balapan berikutnya,” jelas Quartararo kepada BT Sport dan dilansir Motorsportweek.com.

“Itu adalah masalah yang sama seperti kemarin karena dengan power dan akselerasi yang kami miliki, wheelie yang kami dapatkan berarti kami tidak dapat menggunakan (power). Saya harus menggunakannya dengan cara yang sama sekali berbeda, jadi saya senang dengan hasil podium, tapi tidak senang dengan bagaimana kondisi kami,” imbuhnya.

Hasil tersebut sangat penting untuk Quartararo dan Yamaha yang telah tertinggal 30 poin dari pemuncak klasemen sementara, Marco Bezzecchi.

Seri berikutnya akan berlangsung di Jerez untuk MotoGP Spanyol pada akhir April memdatang. (tra)