Kastara.ID, Lampung – Ramadan menjadi bulan yang sangat spesial bagi umat muslim, pun tak lepas untuk berbagai komunitas dan organisasi saling berbagi di bulan ini.

Brothersipx (BSX) kembali menggelar Ramacharity (charity rutin setiap bulan Ramadan) tetap dengan tema edutainment selain memberikan donasi atau santunan. “Pada Ramadan tahun ini kami menggandeng teman-teman mahasiswa, ada dari Pengmas Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan UKMBS Universitas Malahayati untuk berbagi pengalaman dan wawasan kepada adik-adik panti kita,” papar Dea Ladies Bikers BSX yang mengorganisir agenda kali ini.

Sesi pertama setelah perkenalan dengan warga panti, kakak Farhan dkk dari mahasiswa FK Unila angkatan 2022 yang memperkenalkan sekilas tentang dunia medis beserta peralatan standar medis, “Kadang di lingkungan masih ditemukan usia anak yang takut untuk melakukan pengobatan/memeriksakan diri ke klinik atau dokter, di sini kami memberikan gambaran apa, mengapa dan apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan standar. Adik–adik pun kami ajak mencoba penggunaan seperti stetoskop agar lebih mengerti dari fungsi alat tersebut,” ujarnya.

Lanjut ke sesi kedua dari Pengmas FK Unila melakukan edukasi kebersihan dengan interaktif sekali. Juga dengan pemahaman scabies yang menyebabkan gangguan kesehatan akibat kurang terjaganya kebersihan baik secara lingkungan ataupun pola diri sendiri.

Nah, berhubung di sini lumayan banyak adik–adik panti yang wanita dan rata–rata mulai memasuki usia pubertas/remaja, juga disampaikan wawasan tentang bahaya kanker serviks, gejala, dan bagaimana antisipasi pencegahannya.  “Pengmas juga menggelar game interaktif yang memancing animo ceria peserta dengan hadiah. Mereka juga memberikan perlengkapan P3K, vitamin, dan obat–obatan ringan donasi dari Apotek Restu Ibu kepada pengurus panti,” terang Nana dari Pengmas FK Unila.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa yang hampir tiba, ada Mang Adi BSX (pegiat literasi pendiri Busa Pustaka) yang berbagi cerita dan motivasi kepada adik–adik panti untuk terus bersemangat menuntut ilmu dan wawasan tidak terbatas pada dunia formal saja.

Saat tiba waktu berbuka dan rehat untuk shalat maghrib dan santap malam oleh seluruh partisipan. Sesi dilanjut oleh bro Andre Baron BSX dan dari UKMBS Malahayati memberikan edukasi tentang listrik dan instalasi sederhana untuk adik adik panti. “Jangan lupa ya selalu berhati-hati dengan perangkat elektronik dan minta pendampingan kepada orang yang lebih dewasa untuk hal kelistrikan,” pesannya.

Keseruan giat hari itu terbilang padat berisi. Mulai dari berangkat saja sudah merasakan gregetnya bagaimana rekan BSX ini tidak hanya memberikan donasi secara materi (sembako, uang, barang kebutuhan panti), tapi juga membagi ilmu dan wawasan. “Berharga sekali kami dapat kesempatan berpartisipasi. Kami mendapatkan pelajaran bahwa komunitas bias menjadi wadah yang sangat positif dan berkembang berjejaring untuk membawa manfaat yang lebih banyak dan membuat kami pede juga bahwa sumbangsih itu tidak hanya sekadar dinilai secara materi semata,” pungkas Bro Anggi dari People Ride Team yang ikut pada giat kali ini. (sla)