Kastara.id, Medan – Pameran Otomotif Medan (POM) 2017 yang telah dibuka dari kemarin (17/5) merupakan ajang bagi Agen Pemegang Merek (APM) untuk menghadirkan produk terbaru dan mobil konsepnya. POM kali ini diikuti delapan APM yaitu Datsun, Honda, Mitsubishi Motors, Mitsubishi Fuso, Nissan, Tata Motors, Toyota, dan Suzuki. Juga industri pendukung seperti Indonesia Automodified (IAM), Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI), Venom, Articoleder, NoDoubt, Vespa, Grab, Doorjek, Pegadaian, dan lain-lain. POM 2017 juga didukung oleh sponsor utama BCA Finance dan sponsor pendukung Move.id.

Mitsubishi kali ini menghadirkan Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate sebagai varian tambahan jajaran Pajero Sport dengan beberapa peningkatan, khususnya pada fitur keamanan dan kenyamanan. Mitsubishi juga memperkenalkan SUV double cabin New Triton dan membawa mobil konsep Small MPV-nya, XM Concept. “Mitsubishi XM Concept dan Small MPV Mitsubishi yang akan diluncurkan nantinya merupakan langkah penting bagi keseriusan kami menggarap pasar kendaraan penumpang di Indonesia,” kata Sales & Marketing Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Osamu Iwaba di sela Press Day POM 2017.

Tak ketinggalan bintang baru Suzuki yaitu Suzuki Ignis diperkenalkan sebagai genre baru Urban SUV yang diklaim tangguh layaknya SUV, namun tetap lincah untuk kondisi jalan di perkotaan.

Pabrikan India, Tata Motors pada POM kali ini memperkenalkan lebih dekat Tata Xenon XT Double Cabin 4×4 dan aplikasi ambulan yang menggunakan basis Tata Super Ace. Tata juga membawa Tata Ace EX2, pick up diesel andalan Tata di segmen UKM sebagai transportasi pedesaan dan pertanian. Zona Sales In Charge Sumatera, Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI) Rifin Tanuwidjaja mengungkapkan bahwa Tata telah tiga tahun ini memasarkan merek dan produknya di Medan, dan sudah berhasil membukukan penjualan ritel 171 unit kendaraan Tata Motors. Penjualan ini dinilainya cukup bagus di tengah situasi ekonomi dua tahun terakhir ini terbilang lesu untuk pasar otomotif.

Ajang POM 2017 tentu memberikan angin segar terhadap penjualan mobil di wilayah Medan dan sekitarnya, termasuk sektor pembiayaan (leasing). Seperti BCA Finance yang menghadirkan paket-paket menarik pembiayaan sekaligus dalam rangka ulang tahun BCA ke-60. BCA Finance memberikan bunga kompetitif 3,6% untuk tenor 3 tahun, serta 4,6% untuk tenor 5 tahun, ditambah dengan kemudahan dan kecepatan proses. Branch Manager BCA Finance Medan Tubagus Hermawan menjelaskan bahwa dukungan terhadap POM diharapkan mampu meningkatkan sektor pembiayaan serta mendekatkan diri dengan konsumen di Kota Medan.

POM juga akan diramaikan dengan program pendukung seperti Auto Beauty Contest, Youth Jazz Festival, Community Meet Up, Music Corner, Miss Motor Show, Artist Performance: Ipang, DJ Competition, Car Wash Babe, serta Doorprize.

“Dengan adanya rangkaian produk terbaru dari APM, paket menarik dari sektor pembiayaan, serta dukungan beragam program pendukung di POM 2017, diharapkan bisa memberikan daya tarik bagi mayarakat Medan dan sekitarnya untuk mengunjungi POM yang akan berlangsung sampai akhir pekan ini. Pada hari pertama kemarin, POM telah dikunjungi oleh 3.367 orang, dan diharapkan bisa mencapai target pengunjung selama lima hari pameran,” ujar Business Unit Manager Dyandra Promosindo Bunga Swastika Putri. (dwi)