Valentino RossiEkspresi Valentino Rossi usai amankan posisi kedua di MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman (15/7). (motogp.com)

Kastara.id, Sachsenring – Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi akhirnya mampu meraih hasil terbaiknya di MotoGP musim 2018 ini. Dengan berhasil naik podium kedua, Rossi berada tepat di belakang pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang memenangkan balapan. “Ini adalah balapan terbaik untuk saya di musim ini,” aku Rossi usai balapan.

Hasil di Jerman merupakan finish pertama kali bagi Rossi di musim ini. Hasil tersebut diyakininya semakin dekat dengan kemenangan yang tengah dibidiknya di tengah masalah yang mendera motor M1.

“Saya sangat frustrasi karena saya tidak merasa nyaman dengan motor. Kemudian kami mencoba sesuatu yang sedikit berbeda dan di MotoGP memang ada yang seperti ini,” papar Rossi.

Diakui Rossi, dirinya telah mempelajari data mantan pembalap Monster Yamaha Tech3, Jonas Folger, saat pembalao Jerman itu musim lalu berhasil finish kedua di Sachsenring.

“Tahun lalu Folger melakukan balapan yang luar biasa. Levelnya menyamai Marquez, dia tetap di depan dan bertarung habis-habisan. Jadi saya mempelajari semua datanya, gaya balapnya dan cara dia mengatur motor. Dan saya pikir itu adalah bantuan yang baik, jadi saya harus memberinya piala,” ungkap Rossi.

Rossi pun tak memungkiri kalau dirinya merasa sangat senang dengan pencapaian hasil terbaik musim ini, walau belum sekali pun meraih podium teratas. “Saya tidak pernah membuat kesalahan selama 30 lap dan saya melakukannya dengan maksimal. Saya sangat bahagia untuk saya,” pungkasnya.

Dengan hasil di Jerman tersebut, Rossi kini masih bertahan di posisi dua klasemen sementara. Rossi masih unggul 10 angka dari rekan setimnya, Maverick Vinales, yang membuntutinya di posisi ketiga. (yan)