Kastara.id, Jakarta – Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sukses membuat lagu Indonesia Raya berkumandang berkat medali emas pertama Indonesia dalam Olimpiade Rio yang mereka persembahkan dari cabang bulutangkis.

Presiden Joko Widodo yang mendukung keberhasilan pasangan itu turut gembira, demikian rilis Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Hal tersebut tampak pula dari ucapan selamat Presiden melalui cuitan pada akun Twitter pribadinya. “Akhirnya, kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016. Medali emas dari Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir. Selamat! -Jkw,” demikian cuitan Presiden, Kamis (18/8), sekitar pukul 00:22 WIB, seperti dikutip situs Humas Kementerian Sekretariat Negara.

Menteri Olahraga Imam Nahrawi pun tidak dapat menutupi rasa gembiranya. Sejak awal, Imam yakin bahwa Indonesia mampu membawa pulang emas dalam gelaran Olimpiade kali ini.

Pasangan yang biasa disapa dengan sebutan Owi dan Butet itu meraih medali emas karena unggul atas pasangan Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying dengan skor 21-14 dan 21-12.

Tradisi emas olimpiade dari cabang bulu tangkis Indonesia sempat terhenti pada gelaran Olimpiade empat tahun sebelumnya. Kini Owi dan Butet berhasil meraih emas kembali dan menjadi yang terbaik di nomor ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio de Janeiro 2016. (sit)