Headline

Siswa Pemanjat Tiang Bendera Terima Beasiswa Dari Panglima TNI

Kastara.id, Jakarta – Aksi Johannes Adekalla yang memanjat tiang bendera saaty upacara 17 Agustus kemarin mendapat apresiasi dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Silawan, Atambua itu memanjat tiang bendera yang talinya putus saat upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Pantai Motaain Desa Silawan, Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi berupa Beasiswa atas keberanian dan aksi heroik Johannes Adekalla, sehingga bendera Merah Putih dapat dikibarkan dalam upacara tersebut,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Jakarta, Sabtu (18/8).

Aksi yang dilakukan secara spontan oleh Johannes Adekalla pada saat pelaksanaan upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 tahun 2018, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Belu JT Ose Luan, dinilai Sabrar sangat luar biasa dan dapat menggugah rasa nasionalisme warga bangsa lainnya.

“Atas aksi heroiknya, Panglima TNI mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada Johannes Adekalla berupa Beasiswa hingga lulus SMA. Setelah lulus SMA akan mendapat prioritas apabila ingin menjadi Prajurit TNI serta mengundang Johannes ke acara pembukaan Asian Games ke-18 pada hari ini di Jakarta,” kata Kapuspen TNI.

Diakui Sabrar, saat ini masyarakat Indonesia banyak yang memberikan apresiasi atas sikap yang ditunjukkan Johannes Adekalla. “Mereka merasa terharu, meneteskan air mata, dan bangga setelah melihat video aksinya yang viral di media sosial,” ungkapnya.

Dilihat dari video kejadiaannya, berawal ketika petugas pengerek bendera mengalami kesulitan saat mengibarkan bendera Merah Putih karena ikatan bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang.

Di saat semua orang kebingungan karena kejadian tersebut, dari barisan berpakaian seragam SMP dan tanpa ada yang menyuruhnya, seorang siswa dengan gagah berani tanpa rasa takut langsung memanjat tiang bendera.

“Pemandangan mendebarkan pun disaksikan oleh ratusan peserta upacara. Remaja yang belum diketahui namanya ini pun perlahan-lahan memanjat tiang tinggi itu dan hanya membutuhkan waktu tidak sampai satu menit untuk mencapai puncak tiang serta membereskan masalah,” paparnya.

Ketika hendak turun, siswa SMP tersebut langsung mendapat apresiasi sorak spontan peserta upacara dan tepuk tangan. Beberapa petugas yang telah menunggu di bawah bersiap membantu anak kecil itu.

“Diketahui bahwa bocah kecil pemberani tersebut bernama Johannes Adekalla, pelajar kelas VII SMP Negeri Silawan putra dari Victorino Fahik Marschal dan Lorenca Gama. Atas keberaniannya tersebut akhirnya upacara 17-an dapat dilanjutkan dan sang Merah Putih dapat dikibarkan,” tuturnya. (lan)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…