Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital “Ignite The Nation 1000 Start up Digital Indonesia” menggelar pertemuan dengan ribuan perusahaan startup atau rintisan. Pertemuan ini digelar sebagai upaya pemerintah untuk mendorong tumbuhnya industri startup yang kini tengah booming di kalangan anak muda milenial.

Menurut Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati, ide program 1000 startup digital dimulai pada tahun 2015. “Perjalanan Program 1000 Startup berawal pada 2015. Dimulai saat kunjungan Presiden Jokowi ke Pusat Inkubasi Digital Plug and Play di Silicon Valley dan mendeklarasikan Indonesia The Digital Energy of Asia,” jelasnya.

Selanjutnya bersama ekosistem ekonomi digital, Kementerian Kominfo meluncurkan Program 1000 Startup Digital. “Menkominfo Rudiantara kemudian melakukan peluncuran pertama dari program 1000 Startup dengan Kibar sebagai operator nasional,” jelas Lis Sutjiati.

Selanjutnya di tahun 2019, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital 2019 dikemas dengan konsep baru. “Tahapan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital terbaru kini terdiri dari Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Incubation,” jelas Lis Sutjiati.

Lis Sutjiati menambahkan, saat ini Kumpul menjadi penyelenggara dan koordinator acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. “Rangkaian acara lainnya akan berlangsung di 10 kota lain di Indonesia,” jelasnya.

CEO dan Co-Founder Kumpul Faye Alund menyatakan gerakan ini akan membangun ekosistem dengan banyak elemen. “Sebagai penyelenggaraan dan koordinator acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mengatakan program ini adalah untuk membangun ekosistem dengan banyak elemen, bukan hanya keahlian, tetapi juga agar terhubung dengan founder dan tim, serta network mentor dari industri,” jelasnya.

Kali ini Gerakan 1000 Startup Digital Ignite The Nation bertujuan mengobarkan semangat ekonomi digital yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2019.  

Gerakan masif bertema “Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1.000 Mimpi, 1.000  Karya, 1.000 Solusi – untuk Indonesia Raya” itu juga berusaha memantik rasa patriotisme generasi milenial yang telah akrab dengan dunia digital agar membangkitkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa. (rfr)