Satelit

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama stakeholder terkait melakukan kegiatan “Groundbreaking Satelit Multi Fungsi (SATRIA)” di kawasan Karyadeka Pancamurni Blok A Kav 3 Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (18/8).

Selain jajaran Polsek Cikarang Selatan, Polres Metro Bekasi juga ikut mengamankan groundbreaking tersebut. Turut hadir Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong, Plt Bupati Bekasi Dani Ramdan, dan Dirut BAKTI Anang Latif.

Kemudian juga hadir Menkopolhukam yang diwakili Deputi Bidkoor Hanneg Mayjen TNI Hilman Hadi, BPKP RI yang diwakili Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia & Kebudayaan Ayi Riyanto, Direktur Utama PT PII Muhammad Wahid Sutopo, Dewan Pengawas Bakti Dodi Setiadi, dan lain-lain.

Menurut Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Sutrisno, proyek KPBU Satelit Multifungsi adalah bentuk upaya dari Kominfo dalam menuntaskan kekurangan konektivitas pada layanan publik pemerintahan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) dan Perbatasan.

Terdapat lebih kurang 150.000 titik layanan publik yang terdiri atas sarana pendidikan, pemerintah daerah, administrasi pertahanan keamanan, dan fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia yang akan dilayani oleh satelit ini.

Lanjutnya, kondisi geografis Indonesia yang cukup menantang dalam penyediaan jaringan terestrial merupakan alasan utama sehingga teknologi satelit menjadi solusi yang tepat-guna dalam mengentaskan kesenjangan akses broadband internet.

“SATRIA direncanakan akan memiliki 11 stasiun bumi/gateway di beberapa lokasi yang tersebar di Indonesia antara lain di Batam, Cikarang, Banjarmasin,Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika dan Jayapura. Cikarang akan menjadi lokasi untuk Stasiun Pusat Pengendali Satelit Primer, Network Operation Control dan Gateway Proyek SATRIA yang merupakan satu kesatuan dari proyek,” jelas Sutrisno.

Sebelumnya, pengadaan lahan di Cikarang telah selesai dilaksanakan, yang selanjutnya akan dilakukan proses pembangunan. Untuk 10 gateway lainnya saat ini sedang dalam tahap proses pengadaan lahan. (ant)