Berita

Markas KKB Goliat Tabuni di Puncak Papua Berhasil Dikuasai TNI-Polri

Kastara.ID, Jakarta – Personel keamanan gabungan dari Satgas Pinang Sirih menyerbu dan menguasai markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) jaringan Goliat Tabuni, yang berada di Kampung Welenggaru, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua.

Kapala Satgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, penyergapan itu dilakukan pada Senin (16/8) pukul 15.40 WIT. Pendudukan markas KKB tersebut dipimpin Kasi Intel Ops Satgas Pinang Sirih, Mayor Inf Sudarmin.

“Memang benar markas KKB di Kampung Welenggaru sudah dikuasai dan anggota TNI juga mengamankan satu pucuk senjata jenis M16,” jelas Ahmad Kamal, Rabu (18/8).

Kamal menjelaskan, penguasaan markas yang jaringan Goliat Tabuni itu berawal dari patroli menggunakan drone. Saat operasi terlihat tiga orang yang diduga anggota KKB. Melalui drone, aparat melihat ketiganya memasuki honai (rumah khas pegunungan Papua).

“Diawali dengan patroli drone, dengan sigap Tim Cakra melakukan ambush dan berhasil menembak 1 KKB, hingga lari bersama rekan-rekannya ke dalam hutan,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Kamal, Satgas Pinang Sirih berkoordinasi dengan jajaran TNI-Polri, serta menyiapkan tim cadangan dari Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 715/Matuliato (MTL) yang sewaktu-waktu akan digerakkan.

“Anggota TNI-Polri saat ini masih melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait kelompok yang melakukan penembakan tersebut. Giat patroli yang dilakukan satgas agar aktivitas masyarakat di Distrik Gome berjalan lancar kondusif,” tukasnya. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…