Vaksinasi

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersiap melanjutkan gebyar vaksinasi Covid-19 tahap keempat untuk masyarakat di 11 kecamatan. Sebelumnya, vaksinasi massal tahap tiga dilaksanakan dari tanggal 15-17 September 2021. Kini kegiatan tersebut dilanjut ke tahap keempat dari hari Sabtu (18/9) hingga Senin (20/9) mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, kelanjutan gebyar vaksinasi Covid-19 ini berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Pusat bahwa percepatan vaksinasi di Kota Depok harus terus dilakukan.

“Target di Kota Depok 70 persen untuk vaksin dosis pertama harus tercapai hingga 1 Oktober mendatang. Oleh karena itu, gebyar vaksinasi di 11 kecamatan perlu dilanjutkan,” tuturnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (17/9).

Lanjut Supian, sasaran vaksinasi sebanyak 2.000 peserta setiap harinya. Vaksinasi tersebut untuk usia 12 tahun ke atas dengan menggunakan merek Sinovac.

Adapun peserta yang mengikuti gebyar vaksinasi, ujar Supian, merupakan warga yang sudah terdata di wilayah setempat. Tentunya yang memiliki KTP Kota Depok atau menyertakan keterangan domisili.

“Peserta yang mengikuti vaksinasi ini dikoordinir oleh wilayah setempat. Jika ada yang datang langsung tentu sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dari panitia di kecamatan,” jelasnya.

Supian pun berharap percepatan vaksinasi di Kota Depok dapat optimal dalam menambah cakupan vaksinasi. Selain juga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Semoga sinergisitas Satgas Covid-19, ASN, perangkat daerah terkait, tenaga kesehatan, TNI-Polri dalam mendukung gebyar vaksinasi ini dapat terus terjalin. Serta bisa mencapai herd immunity di Kota Depok,” pungkasnya. (dha)