Dewan Pers(antara)

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Dewan Pers Prof Azymardi Azra meninggal dunia, Ahad (18/9) siang.

Sosok yang dikenal sebagai cendekiawan muslim itu sebelumnya tengah menjalani perawatan di rumah sakit di Malaysia.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra di Rumah Sakit Kedah, Selangor, Malaysia, hari Minggu, 18 September 2022, pukul 12.30 waktu setempat,” kata Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya dalam keterangannya, Ahad (18/9).

Perihal pemakaman, rumah duka dan informasi lebih lanjut akan disampaikan kemudian.

“Semoga almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, amin,” tulis Agung.

Diketahui sebelumnya Azyumardi mengalami gangguan kesehatan saat di Malaysia pada Jumat (16/9) sore. Gejala awal yang dirasakan Azyumardi yakni batuk dan sesak nafas.

Sementara PWI Kota Depok juga menyampaikan ungkapan berduka cita. “Segenap pengurus dan anggota PWI Kota Depok turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra di Rumah Sakit Selangor, Kuala Lumpur, Malaysia pada Ahad (18/9),” sebut pernyataan tersebut yang disampaikan Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah.

“PWI kehilangan tokoh pers yang mumpuni dan Insya Allah, almarhum mendapat tempat di sisiNya, husnul khatimah. Aamiin,” imbuh Rusdy. (dwi)

Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.