Gojek

Kastara.ID, Jakarta – Kabar baik datang dari salah satu unicorn Indonesia, Gojek. Perusahaan modal ventura asal Jepang, Cool Japan Found siap menyuntikkan dana dalam jumlah cukup besar, 50 juta dolar AS atau sekitar Rp 708 miliar rupiah.

Laman Nikkei (17/10) melaporkan, investasi ini dimaksudkan untuk memperkuat layanan streaming Gojek, GoPlay. Nantinya GoPlay bakal mempromosikan konten khas Jepang, seperti anime dan kuliner. Investasi ini juga ditujukan untuk membantu restoran Jepang di Indonesia mendirikan toko di GoFood Festival.

Cool Japan Fund adalah perusahaan modal ventura yang berada di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang. Diharapkan tambahan modal ke Gojek akan meningkatkan permintaan luar negeri akan produk dan layanan Jepang.

Sedangkan GoPlay adalah platform video on demand. Layanan ini bakal menjadi penantang bagi Netflix dan Hooq yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Pengguna GoPlay bisa mendapatkan layanan dengan membayar secara harian, mingguan, atau bulanan.

Investasi yang diterima Gojek ini dikabarkan adalah yang terbesar yang pernah dilakuan Cool Japan Found di Asia Tenggara. Bagi Gojek, masuknya perusahaan asal negeri Sakura ini semakin memperbanyak investor yang menanamkan modalnya. Sebelumnya Gojek sudah memiliki investor asal Jepang, yakni Mitsubishi Corp dan Mitsubishi Motor.

Selain itu Gojek juga berhasil menggaet PT AIA Financial atau AIA Indonesia sebagai penanam modal. Kerja sama tersebut memungkinkan kedua perusahaan mengembangkan platform dan produk yang lebih bermanfaat bagi konsumen. (rfr)