Kaisar Naruhito

Kastara.ID, Jakarta – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebutkan bahwa parade penobatan Kaisar Naruhito bakal diundur karena masih fokus pada penanganan bencana Topan Hagibis yang menghantam Tokyo pekan lalu.

Dilaporkan bahwa topan super dan terpanjang itu mengakibatkan hampir 80 orang tewas dan sejumlah wilayah porak-poranda.

Topan Hagibis mengakibatkan hujan deras dan banjir bandang di sebagian besar prefektur di Tokyo akibatkan berbagai fasilitas umum rusak dan aliran listrik terputus di 34 ribu rumah.

 

Yoshihide Suga selaku Sekretaris Kabinet Utama juga menyatakan bahwa Abe telah menginstruksikan kabinet untuk menjadwalkan ulang parade tersebut.

Sementara menjadwal ulang, ia juga menambahkan upacara keagamaan dan jamuan makan kekaisaran yang merupakan bagian dari rangkaian acara tersebut tetap berjalan sesuai jadwal.

Jadwal baru parade kerajaan akan dikonfirmasi dalam pertemuan kabinet umum pada hari ini (18/10) dan diperkirakan penobatan akan jatuh pada 10 November mendatang.

Naruhito naik takhta pada Mei lalu menggantikan ayahnya, Akihito. Upacara perayaan penobatan sebagai kaisar rencananya dilakukan pada bulan Oktober dan pada akhir tahun nanti. (yan)