Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Kastara.ID, Depok – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Manto mengatakan, pelaksanaan Gebyar Germas Goes to School yang digelar serentak di 11 sekolah oleh pemerintah efektif dalam membudayakn hidup bersih dan sehat melalui cuci tangan pakai sabun (CTPS). Pasalnya, cakupan kegiatan tersebut cukup luas, mulai dari jenjang pendidikan TK, SD, SMP, hingga SMA.

Menurut Manto, kebiasaan cuci tangan pakai sabun memang harus dimulai dari sekolah. Sebab, jika CTPS sudah membudaya di sekolah, maka anak-anak membawa kebiasaan tersebut ke rumah.

“Misalnya, seorang ayah pulang kerja dan lupa melakukan PHBS, maka anak bisa mengingatkan orang tuanya untuk mencuci tangan dan mengganti baju lebih dulu,” tutur Manto usai meninjau lokasi Gebyar Germas Goes to School di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Senin (18/10).

Dikatakan Manto, cuci tangan menggunakan sabun menjadi penting dilakukan, apalagi di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan konsisten, pihak sekolah ataupun pemerintah juga harus terus mengingatkan dan mengedukasi gaya hidup sehat tersebut.

“Ayo jadikan cuci tangan pakai sabun budaya kita semua,” pungkasnya. (dha)