MotoGP Valencia 2018(motogp.com)

Kastara.id, Valencia – Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi akan memulai balapan MotoGP Valencia dari posisi start ke-16, setelah mengalami sesi kualifikasi yang buruk. Rossi mengaku sangat tidak nyaman di atas Yamaha M1-nya selama sesi kualifikasi berlangsung.

Sementara hasil berbeda diraih rekan satu timnya, Maverick Vinales berhasil mengamankan posisi start paling depan.

“Kemarin hari yang sangat sulit bagi saya, karena setelah Latihan Bebas saya cukup optimis untuk tampil kuat karena saya merasa baik,” ujar Rossi seperti yang dilansir MotorSport Week.

Rossi juga mengaku kalau Jumat (17/11) pagi kemarin di FP3 tidak begitu cepat. Ia mencoba untuk mendorong sejak awal, tetapi sayanya terjatuh. Setelah itu, Rossi menggunakan motor kedua, namun sayangnya Rossi tidak mampu menggapai kecepatan yang cukup dan feeling yang baik untuk menembus 10 besar.

Rossi pun menjelaskan kalau dirinya merasa sangat tidak nyaman dan tidak bisa melaju dengan baik.

Rossi berujar kalau pada balapan nanti dengan start dari belakang akan sangat sulit. Namun Ia yakin dan akan berusaha mencoba untuk meningkatkan kecepatan, feeling, serta kondisi cuaca yang diramalkan cukup buruk untuk balapan nanti.

Salah satu yang dikeluhkan Rossi adalah sulitnya saat pengereman. “Saya sangat bermasalah saat pengereman, saya tidak bisa berhenti dengan baik. Jadi, saya selalu tiba terlalu cepat di tikungan. Juga pada akselerasi, saya tidak punya banyak grip, jadi sangat sulit untuk dikendarai,” papar Rossi.

Karena akan start dari belakang, Rossi berharap balapan akan berlangsung dalam kondisi basah. “Kemarin dengan lebih banyak air saya merasa baik, saya sangat baik. Dalam balapan basah, lap pertama akan sangat sulit karena akan ada banyak semprotan air dari pembalap di depan,” jelasnya.

Tapi Rossi mengaku tetap akan sangat bergantung dari kecepatan yang bisa diraihnya. “Jika kita bisa lebih kuat dan saya punya feeling yang baik dengan motor, saya akan mencoba untuk mengambil banyak posisi sekaligus,” harap pembalap Italia itu. (dwi)