Situ Pengarengan

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok rutin melakukan pembersihan gulma dan pengangkatan sedimen lumpur di Situ Pengarengan, Kecamatan Sukmajaya. Pembersihan dilakukan dengan dibantu alat berat berupa truxor.

“Kami lakukan pembersihan atau normalisasi rutin. Karena khawatir sampah nyangkut di jaring dan berdampak pada saluran outlet yang tersumbat,” ujar Plt Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (18/11).

Dikatakannya, saluran outlet tersebut adalah sodetan samping tol Cijago ke arah Kali Sugutamu. Adapun Satuan Tugas (Satgas) yang dikerahkan yaitu satu regu dengan total 10 personel.

“Alat berat akan digunakan sampai semua gulma terangkat. Termasuk alat pemotong rumput juga digunakan untuk membersihkan areal situ. Perlu diketahui, gulma tumbuh lebih cepat sehingga diperlukan penanganan lebih serius,” ungkapnya.

Setelah diangkat, lanjutnya, gulma dan sampah akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk juga sudah disediakan.

“Sementara kami fokus untuk mengangkat gulma. Setelah bersih, kita akan lakukan normalisasi secara keseluruhan,” pungkasnya. (dha)