Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP)

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (18/12), mengerahkan 455 personel pasukan hijau untuk melakukan pemangkasan pohon di lima wilayah kota.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, 455 petugas PJLP ini melakukan pemangkasan 338 pohon secara serentak di 29 titik lokasi yang tersebar di Jakarta Pusat dan Selatan masing-masing 12 titik, Timur tiga titik, dan satu titik lokasi masing-masing di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

“Selain melakukan pemangkasan, kami juga lakukan pengecekan kondisi pohon dengan menggunakan alat Arborsonic,” kata Suzi, di sela pemangkasan pohon di Lapangan Banteng, Sabtu (18/12).

Untuk menunjang kegiatan ini, lanjut Suzi, pihaknya juga menerjunkan 12 unit mobil tangga, lima unit mobil crane, 73 dump truk, 15 unit mobil pick up, dan 171 unit mesin potong chainsaw.

“Ini sebagai upaya pencegahan pohon tumbang atau dahan sempal dampak dari cuaca ekstrem, hujan yang disertai angin kencang,” tuturnya.

Suzi mengungkapkan, sejak Januari hingga November 2021, pihaknya telah melakukan pemangkasan terhadap 96.237 pohon. Frekuensi pemapasan lebih tinggi dilakukan bulan Agustus sampai November sebanyak 36.379 pohon.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda menambahkan, dalam giat ini pihaknya menurunkan 70 personel, 10 armada truk, satu unit crane dan 16 unit gergaji mesin yang disebar ke delapan titik lokasi kecamatan. Di antaranya Taman Lapangan Banteng, Gunung Sahari, Menteng, Jalan Batu, Kramat Sentiong.

“Dari 12 titik lokasi di Jakarta Pusat, delapan merupakan wewenang kami dan empat wewenang dinas,” pungkas Mila. (hop)