21

Kastara.ID, Jakarta – Usai merilis dua single baru ‘Toward The Sun’ dan ‘Farewell, Love’ dalam waktu yang berdekatan, perjalanan karier Ayom Satria sebagai solo saksofonis kembali berlanjut. Eksistensinya di dunia musik instrumental kembali ditegaskanya melalui peluncuran mini album atau EP (Extended Play) bertajuk ‘21’ (16/12).

Bersamaan dengan peluncuran mini album, Ayom Satria menggelar konser dengan judul yang sama di Atrium Jogja City Mall. Acara tersebut sekaligus menjadi puncak dari perkuliahan Ayom dan menjadi sarana baginya untuk menunjukkan hasil belajar dalam mata kuliah Resital III di Program Studi D4 Penyajian Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Konser tersebut dikemas dalam bentuk sajian musik instrumental dengan berbagai format iringan, mulai dari rhythm section sederhana hingga ditambah string kuintet maupun saxophone trio.

Adapun debut Extended Play (EP) ‘21’ berisikan lima buah lagu, yakni ‘Toward The Sun’, ‘B-Girl’, ‘Farewell, Love’ (orchestra version), ‘Farewell, Love’ (piano version), dan ‘Unbreakable’. Judul EP yang juga menjadi judul konser yakni ‘21’ dimaknai sebagai momen emas bagi Ayom Satria dalam pembuktiannya sebagai saksofonis yang berkompeten di usianya yang menginjak umur 21. Terlebih, momen tersebut juga sekaligus mengawali titik awal Ayom dalam perjalanan karier profesionalnya sebagai solo saksofonis.

21

Dari segi kekaryaan, kelima lagu yang terdapat dalam mini album ‘21’ banyak bercerita tentang lika-liku kehidupan yang dialami Ayom Satria di usianya yang telah menginjak 21 tahun pada tahun 2021. Pengalaman dan pembelajaran mengenai usaha meraih impian hingga perjalanan romansa menjadi dua hal yang banyak diceritakan lewat lagu-lagu di album tersebut. Di single ‘Toward The Sun’ dan ‘Unbreakable’ misalnya, kedua lagu itu dimaknai Ayom sebagai usaha dan semangat yang tak pernah padam dalam mewujudkan cita-cita. Sementara di single ‘Farewell, Love’ dan ‘B-Girl’, Ayom mengekspresikan gejolak romansa yang ia rasakan di tengah-tengah usahanya meraih impian.

Melalui peluncuran mini album dan konser ‘21’, Ayom berharap momen tersebut dapat menjadi awal yang penuh harapan baginya dalam melanjutkan karier di masa yang akan datang di dunia musik instrumental.

“Semoga dengan mendengarkan mini album ini orang di luar sana bisa belajar dari pengalaman masing-masing untuk menjadi orang yang lebih baik. Selain itu, semoga pasar musisi instrumentalis di Indonesia makin diminati,” tutup Ayom.

Untuk saat ini, single ‘Toward The Sun’dan ‘Farewell, Love’ telah dapat dinikmati oleh para pendengar melalui berbagai gerai musik digital. Sementara ketiga single lain yakni ‘Farewell, Love’ (piano version), ‘B-Girl’, dan ‘Unbreakable’ secara eksklusif dapat didengarkan melalui rilisan fisik yang bisa didapatkan sejak Kamis (16/12). (nad)