Depok

Kastara.ID, Depok – Kecelakaan bus diduga karena rem blong kembali terjadi di Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (18/1) sore. Bus pariwisata ini wisatawan Depok ini terguling dan merenggut delapan korban jiwa.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso menyebutkan bahwa kecelakaan maut itu terjadi pukul 17.15 WIB. Bus PO Purnama Sari bernopol E 7508 W itu oleng di turunan Palasari, Kampung Nagrog, Desa Cisaat Ciater, Subang.

“Bus dari arah Bandung menuju arah Subang. Sampai di jalan menurun, kendaraan (bus PO Purnama Sari) melaju tidak terkendali,” jelas Erlangga saat dikonfirmasi awak media, Ahad (19/1).

“Saat melintas jalan menikung kiri, (bus) melaju lurus keluar dari badan jalan. Sehingga menyebabkan bus terguling miring kanan (kiri diatas) di bahu jalan sebelah kanan jalan dari arah Bandung-Subang,” sambungnya.

Selain delapan orang meninggal dunia, Erlangga menambahkan, setidaknya ada sepuluh korban lainnya mengalami luka berat dan 20 hanya menderita luka ringan. “(Penumpang) rombongan wisatawan dari Tangkuban Perahu akan kembali ke Depok,” ujarnya.

Sementara Wakapolres Subang Kompol Ahmad Faisal Pasaribu mengungkapkan bahwa kecelakaan bus ini akibat sopir kehilangan kendali diduga karena sistem pengereman yang tidak berfungsi.

“Dugaan sementara, tapi ini masih sementara karena nanti akan olah TKP, bus alami rem blong, sopir hilang kendali dan melaju kencang hingga terguling di tikungan,” tukas Faisal. (hop)