Labuan Bajo

Kastara.ID, Labuan Bajo – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ahad (19/1), dijadwalkan akan melakukan tinjauan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, untuk melihat kesiapan sejumlah infrastruktur transportasi untuk mendukung daerah yang menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas atau Lima Bali Baru.

“Hari Minggu siang ini rencananya pak Menhub akan berangkat ke Labuan Bajo, untuk melihat kesiapan Pelabuhan, Bandara dan sejumlah infrastruktur transportasi lainnya yang sedang dilakukan pengembangan,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan di Jakarta, Ahad (19/1).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kemenhub telah menetapkan Konsorsium Cardig Aero Service (CAS) sebagai pemenang proyek pengembangan Bandara Komodo melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 1,2 triliun dan estimasi total nilai biaya operasional Rp 5,7 triliun.

Diharapkan dengan skema ini selain dapat mengurangi ketergantungan anggaran terhadap APBN yang terbatas, juga dapat semakin meningkatkan pelayanan Bandara, karena salah satu anggota konsorsium CAS adalah pengelola Bandara Changi, Singapura yang telah terbukti memiliki kompetensi dalam memberikan layanan terbaik bagi para pengguna jasa angkutan udara.

Pemerintah menargetkan peningkatan jumlah penumpang di Bandara Labuan Bajo hingga 4 juta penumpang per tahun dan kargo sebesar 3.500 ton pada 2024.

Selain Bandara, infrastruktur transportasi yang tengah disiapkan Pemerintah yaitu, Pelabuhan Labuan Bajo. Pelabuhan ini nantinya akan dibagi menjadi dua, yang sudah eksisting saat ini sebagai pelabuhan khusus penumpang. Sedangkan untuk terminal kargo atau peti kemas akan dialihkan ke lokasi yang lain yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari lokasi pelabuhan eksisting saat ini.

Untuk Pelabuhan eksisting, akan dilakukan perpanjangan dermaga eksisting sepanjang 245 meter menjadi 300 meter, memperpanjang trestle yang semula 44 meter menjadi 134 meter, pembangunan reklamasi seluas 40 x 50 meter persegi, serta dalam jangka menengah akan membangun terminal penumpang baru.

Sementara pelabuhan multipurpose yang akan berfungsi sebagai pelabuhan khusus kargo dan curah cair ini akan dibangun oleh PT Pelindo III (Persero) dan dilengkapi lapangan penumpukan peti kemas serta terminal curah cair. Dermaga ini rencananya akan dapat disandari kapal berkapasitas 25.000 DWT.

Dijadwalkan Presiden Joko Widodo akan meninjau lokasi proyek pembangunan multipurpose tersebut pada Senin besok (20/1).

Seperti diketahui kawasan Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu dari 5 destinasi wisata super prioritas yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan penetapan ini selain sektor pariwisata, berbagai langkah strategis terus diupayakan pemerintah mulai dari pembangunan jaringan jalan hingga pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi seperti pelabuhan dan bandara. (put)