Diskominfo Kota Depok

Kastara.id, Depok – Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok di Wisma Hijau, Cimanggis, Kota Depok (19/2), menghadirkan tiga narasumber. Dalam forum yang dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono tersebut, membahas tujuh isu strategis yang berkembang di Kota Depok dalam kurun tahun 2016—2021.

Ketujuh isu strategis tersebut ialah penerapan Kota Cerdas (Smart City), integrasi data, layanan online, tingginya kebutuhan masyarakat terhadap TIK yang dititikberatkan pada pelayanan internet gratis, kebutuhan pelaporan (Control Room), tuntutan publik akan keterbukaan informasi dan transparansi, serta perencanaan pembangunan dan pemberi kebijakan yang berdasarkan data dan informasi statistik. Ketujuh isu tersebut dibahas berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan oleh Pemkot Depok.

“Di dalam OPD itu banyak sekali terdapat sistem. Tapi kita sebetulnya tidak menyiapkan apa yang menjadi dasar untuk menyusun sistem itu. Karena sebenarnya sistem itu dibentuk untuk kebutuhan,” ungkap Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Depok Dody Setiawan yang menjadi salah satu narasumber.

Sementara narasumber Indra Gilang menambahkan bahwa nantinya isu-isu tersebut akan ditindaklanjuti untuk diperbaiki dan direalisasikan. Salah satu caranya yaitu dengan merealisasikan Kota Depok menjadi Smart City.

Indra mengatakan, ada empat poin dalam melakukan pembangunan Smart City. Empat poin tersebut yakni Single Windows yaitu mempermudah pelayanan melalui smartphone. Lalu, kedua adalah Single Contact. Ketiga, Big Data atau sistem informasi yang terpusat, serta yang terakhir adalah Duta Informasi Kota Depok yang nantinya dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menyampaikan informasi dan program Pemkot Depok kepada masyarakat.

Dengan rencana realisasi isu-isu tersebut, diharapkan ke depannya dapat menjadi solusi bagi masalah-masalah yang sering kali dihadapi masyarakat Kota Depok. (rud)