Pondok Gede Permai

Kastara.ID, Jakarta – Sekitar 666 pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di wilayah Jakarta dan sekitarnya terkena dampak pemadaman listrik akibat rusaknya dua unit gardu karena banjir, pada Jumat (19/2) pagi.

Hal itu disampaikan Manajer Humas PLN Disjaya, Dita Artsana dalam keterangannya, Jumat (19/2).

“Dua gardu yang terkena dampak banjir masing-masing di Jalan Dermaga Baru, Klender, Jakarta Timur dan di Jalan Kalimalang, sehingga pasokan listrik menuju 666 rumah pelanggan hingga pukul 09.00 WIB masih dilaporkan padam,” kata Dita.

Menurut Dita, banjir juga menyebabkan dua jaringan tegangan rendah (JTR) mengalami gangguan sehingga mengakibatkan pemadaman.

Ia menuturkan, lokasi pemadaman listrik di antaranya di Jalan Dermaga Baru, Jalan Kalimalang, Kompleks Dosen IKIP, dan Jalan Bintara Jaya II, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Presentase yang terkena dampak relatif sedikit berkisar 0,01 persen dari total 4.769.726 pelanggan. Namun situasi akan kami perbaharui per jam,” urainya.

Dita menegaskan, pemadaman listrik dilakukan PLN, jika rumah pelanggan terendam banjir atau gardu distribusi listrik terendam banjir.

“Penormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi dipastikan kering dan ada penandatanganan berita acara yang dilakukan pengurus RT/RW atau tokoh masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Jakarta dan Bekasi mengalami banjir akibat hujan. (ant)