Ahmad Soma

Kastara.ID, Depok – Kelompok Wanita Tani (KWT) Khodijah 06 Kelurahan Ratu Jaya telah meresmikan Pekarangan Si Madu (Kasi Madu) pada Rabu (16/2) lalu. Pekarangan Kasi Madu yang berada di Jalan Gandaria 1, Gang Lemba 3 Nomor 38 A RT 03 RW 06 tersebut, menjadi pengembangan sistem pertanian perkotaaan atau urban farming yang dilakukan oleh KWT Khodijah.

Ketua KWT Khodijah, Rodiah mengatakan, Pekarangan Kasi Madu merupakan upaya budidaya madu dari lebah trigona atau lebah tanpa sengat. Lebah ini sangat cocok untuk budidaya di perkotaan karena tidak memiliki sengat dan cepat berproduksi.

“Kami mengembangkan budidaya lebah ini agar dapat dijadikan tambahan penghasilan bagi anggota KWT. Produk madu ini, kami beri nama merek Kasi Madu,” ujarnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (18/2).

Lebih lanjut, ujar dia, saat ini pihaknya memiliki 30 anggota dengan sejumlah produk pertanian, perikanan dan peternakan. Antara lain produk bawang goreng, bubuk jahe, bakso, siomay dan beberapa makanan dan minuman olahan lainnya.

“Semoga dengan upaya yang kami lakukan dapat menambah penghasilan anggota di tengan pandemi Covid-19. Serta menjadi solusi dalam situasi krisis iklim dan penyerapan karbon pada suasana perkotaan,” pungkasnya. (dha)