Rencana Kerja 2020

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta meneterapkan empat sasaran strategis yang harus dicapai dalam rencana kerja tahun 2020.

Keempat sasaran strategis tersebut yakni meningkatkannya kewirausahaan baru; meningkatnya pemanfaatan energi dan ketenagalistrikan secara aman, handal dan berkelanjutan untuk mendukung pembangunan kota; melambatnya penurunan permukaan tanah; serta mewujudkan tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah yang transparan serta akuntabel.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PE DKI Jakarta Ricky Marojahan Mulia mengatakan, total anggaran yang dibutuhkan Dinas PE dalam rencana kerja tahun 2020 berkisar Rp 975 miliar.

Anggaran tersebut akan dialokasikan, diantaranya untuk pencahayaan kota dengan penggunaan lampu LED Smart System di 298.298 titik, serta penggunaan pencatatan daya melalui kWh meter dengan capaian 100 persen.

“Untuk masalah Industri, alokasi dana digunakan untuk menciptakan wirausaha Industri baru sebanyak 14.789 orang,” ujarnya, saat Rapat Teknis Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2020 di Kantor Dinas PE, Kompleks Dinas Teknis, Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Ricky menjelaskan, untuk sektor energi dan ketenagalistrikan, Dinas PE juga menargetkan kapasitas listrik di Kepulauan Seribu bisa ditingkatkan hingga 15 megawatt sebagai kebutuhan hingga tahun 2022. Selain itu suplai energi dari energi terbarukan juga akan ditambahkan sebesar 400 kWp.

“Kami juga merencanakan sertifikasi layak operasi genset milik Pemprov DKI sebanyak 100 unit dengan target pencapaian sebesar 60 persen,” terangnya.

Menurutnya, berkaitan dengan geologi dan air tanah, Dinas PE akan menambahkan target pencatatan gedung yang mematuhi peraturan pengambilan air tanah hingga mencapai 90 persen. “Ada peningkatan dibandingkan target tahun ini yang mencapai 80 persen,” ungkapnya.

Ia menambahkan, monitoring distribusi elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram hingga percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan dalam pengelolaan tata ruang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Dinas PE juga akan menjadi fokus perhatian.

“Saya berharap, seluruh jajaran di Dinas PE dapat bekerja optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (hop)