Ammon Art, Yordania

Kastara.ID, Amman – Pelukis kontemporer Indonesia Jerry Thunggaltirta meraih penghargaan Creative Art Work Winner atas lukisannya pada International Art Symposium di Yordania, tanggal 11-18 Maret 2019. Lukisan Jerry berjudul “The Land of Peace” merupakan hasil karya yang terinspirasi dari keindahan negeri Yordania yang kaya akan situs peninggalan sejarah para nabi dan bangsa-bangsa terdahulu, seperti kompleks kota kuno Petra peninggalan bangsa Nabathean.

Selain Jerry, pelukis kontemporer Indonesia lainya, MS Untung, turut hadir dalam simposium tersebut, dan menampilkan sejumlah karyanya, seperti lukisan bertema ‘The rooster always win fight, finally become fried chicken only‘ yang menjadi salah satu lukisan paling ‘nyeleneh’ dalam simposium tersebut.

“Bagi pelukis kontemporer, nilai estetis bukan lagi menjadi panduan utama dalam berkarya, melainkan bagaimana lukisan tersebut dapat mengangkat nilai-nilai atau pertanyaan-pertanyaan yang bersifat moralistik,” ujar Jerry.

Karya dari kedua pelukis Indonesia menjadi perhatian dalam simposium tersebut yang terlihat lebih ‘maju’ dibandingkan mayoritas pelukis lain dalam simposium tersebut yang umumnya masih beraliran modernisme.

Kedua pelukis Indonesia juga berkesempatan bertukar pengalaman dengan para pelaku seni dari berbagai negara dalam sesi workshop, sekaligus memamerkan karya-karyanya dalam dua sesi pameran yang diselenggarakan di awal dan akhir simposium.

Sejumlah tokoh seni rupa Yordania mengutarakan apresiasi dan kekagumannya terhadap karya dari kedua pelukis Indonesia yang dipandang unik dan membawa warna baru dalam perkembangan seni rupa di Timur Tengah. Hal tersebut antara lain disampaikan pengamat seni rupa yang juga seorang arkeolog Yordania, Sharifa Nofa Bint Nasser.

International Art Symposium merupakan kegiatan internasional yang diselenggarakan Ammon Art, salah satu organisasi seni rupa terkemuka di Yordania, yang diikuti lebih dari 40 seniman profesional dan pakar seni rupa dari 12 negara, termasuk di antaranya Jepang, Russia, Romania, Lithuania, dan Indonesia.

“Simposium internasional diharapkan dapat menjadi forum bagi para seniman memperkaya ekspresi berseni melalui eskplorasi nilai-nilai budaya dari negara lain, khususnya Yordania,” papar Ketua Asosiasi Ammon Art, Safaa El-Sarief, saat pembukaan.

Sedangkan Duta Besar RI Andy Rachmianto menyampaikan bahwa KBRI Amman mendukung penuh partisipasi seniman Indonesia dalam penyelenggaraan pameran atau simposium seni di Yordania. “Kehadiran seniman Indonesia di Yordania merupakan langkah penting dalam upaya mendorong interaksi dan saling kenal antar masyarakat seni dan budaya di kedua negara, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan hubungan Yordania dan Indonesia di masa mendatang,” paparnya.

“Partisipasi kedua seniman Indonesia itu diharapkan dapat mengisi penguatan hubungan bilateral RI-Yordania, khususnya menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” pungkas Dubes Andy. (KBRI Amman/nad)