Pulau Sebira

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu terus meningkatkan pelayanan doking terkait perbaikan kapal milik para nelayan di Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu Sutrisno mengatakan, peningkatan pelayanan doking dilakukan dengan merenovasi lokasi usai pembangunan tanggul.

“Sebelumnya hanya bisa melayani dua kapal, setelah kita perbaiki dan diperluas sudah bisa melayani tiga kapal,” ujarnya, Jumat (19/4).

Hal itu dilakukan untuk percepatan pelayanan dan mempersingkat panjangnya antrean pada saat kapal doking secara bersamaan saat sepi tangkapan.

“Total kapal yang telah kita doking tahun 2018 sebanyak 106 kapal, artinya dalam sebulan rata-rata ada delapan sampai 10 kapal nelayan yang didoking,” terangnya.

Sementara sepanjang tahun 2019 ini baru sebanyak 24 kapal.

“Doking kapal ini memang khusus warga Pulau Sebira, namun jika doking kosong terkadang nelayan Pulau Harapan atau Pulau Kelapa juga memanfaatkan doking ini,” tandasnya. (hop)