Ramadan

Kastara.ID, Depok – Ketua DPC PPP Kota Depok Qonita Luthfiyah ketika memberi tausiah mengatakan, berbagai keutamaan pada Bulan Suci Ramadan menjadikan setiap bulan Ramadan, kita umat muslim berpuasa sebulan. Akan tetapi bulan Ramadan penuh barokah, bulan penuh pengampunan bagi umat muslim tersebut sangat dinantikan kedatangannya oleh seluruh insan beriman yang ada di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Qonita menambahkan, salah satu keutamaannya adalah Allah SWT menjadikan Ramadan sebagai bulan pengampunan dosa, sehingga sangat tepat dimanfaatkan untuk bertaubat, memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Sebelas bulan yang kita lalui, sudah pasti banyak kekhilafan yang kita lakukan, banyak alpa atas kewajiban kepada Allah SWT. Untuk itu, marilah kita manfaatkan bulan yang penuh pengampunan ini untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Dengan melaksanakan puasa pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan, maka Allah SWT menjanjikan akan menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu.

Bagi yang telah melaksanakan puasa selama sebulan penuh lamanya, setelahnya dijamin akan janji Allah yang mengatakan, akan kembali suci tanpa dosa, seperti bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Ramadan merupakan salah satu Rukun Islam, sehingga wajib bagi kita melaksanakannya. Bagi yang benar-benar tidak mampu, wajib mengganti ataupun membayar fidyah.

“Allah SWT juga menyebutkan aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi-Nya, melebihi wanginya minyak kasturi,” ungkapnya.

Janji Allah SWT itu dipertegas melalui Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena keimanan dan hanya berharap ridho Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” seperti diriwayatkan HR Bukhari dan Muslim. (*)