Tetangga

Kastara.ID, Depok – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok Elly Farida kembali memberikan tausiah di hari ke-16 Ramadan dengan tema ‘Memuliakan Tetangga.’ Dikatakannya, hidup bertetangga menjadi salah satu ciri khas dalam masyarakat muslim. Al-Quran dan Sunah memberi perhatian besar kepada hak-hak tetangga.

“Terlebih, selama Ramadan yang mulia ini. Ada ekstra pahala bagi kita yang berbagi menu berbuka puasa kepada tetangga. Pertama, berbuat baik kepada tetangga. Kedua, pahala memberikan makanan kepada orang berbuka,” ujarnya menyadur pada kolom Khazanah Republika, yang disampaikan melalui kanal youtube dan dilansir laman resmi Pemkot Depok (18/4).

Dijelaskannya, Imam Al Ghazali berkata dalam Ihya Ulumuddin, jika di antara hak tetangga adalah mengawali mengucap salam, tidak memperpanjang bicara dengannya serta tidak banyak bertanya tentang keadaannya, karena hal itu akan menyakiti.

“Hak lainnya, yakni menjenguknya kala ia sakit, dan takziah apabila mendapat musibah. Tetangga kita juga berhak mendapatkan ucapan selamat jika ada berita gembira, turut bahagia bila ia senang, memaafkan kesalahannya, tidak mengintip/melihat rahasia atau aibnya, tidak menyempitkannya dengan cara meletakkan benda pada dindingnya,” ungkapnya.

Selain itu, tidak membuang air di depan rumahnya, tidak mempersempit jalannya, lembut kepada anak-anaknya, tidak menguping percakapan, menundukkan pandangan dari istrinya, hingga membimbing kepada perkara agama yang belum mereka ketahui.

“Hak tetangga pun menjadi lebih agung manakala dia miskin, janda, yatim dan jompo. Mudah-mudahan kita semua dapat bertetangga dengan menerapkan kaidah-kaidah Islam,” tutupnya. (dha)