Lalu Muhammad Zohri

Kastara.ID, Osaka – Menghadapi juara dunia asal Amerika Serikat Justin Gatlin, sprinter asal Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil merebut peringkat ketiga di nomor 100 meter putra Kejuaraan Seiko Golden Grand Prix 2019 di Osaka, Jepang, Ahad (19/5).

Hasil itu sekaligus memastikan Zohri mendapat satu tempat di Olimpiade Tokyo 2020. Lolosnya Zohri ke Tokyo 2020 bukan saja lantaran ia meraih posisi tiga di belakang Gatlin dan pelari asal Jepang, Kiryu Yoshihide.

Tetapi juga Zohri mencatatkan waktu 10,03 detik yang melewati 10.05 detik sebagai syarat untuk bisa bertanding di Olimpiade 2020.

“Sudah. Dengan hasil ini Zohri memegang tiket ke Olimpiade Tokyo,” ungkap Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung, di Jakarta, Ahad (19/5).

Dalam kejuaraan tersebut, Gatlin menjadi juara dengan catatan waktu sepuluh detik sementara Yoshihide berada di posisi kedua dengan 10,01 detik.

Catatan 10,3 detik yang dibukukan Zohri kembali memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri yang ditorehkannya pada Kejuaraan Atletik Asia di Doha, Qatar, April silam, dengan waktu 10,13 detik.

Partisipasi Zohri di Osaka juga tak terlepas dari lobi PASI terhadap penyelenggara Seiko Golden Grand Prix.

Alasannya, untuk bisa turun di kejuaraan itu catatan Zohri sebelum di Doha, yakni 10,18 detik, tak cukup untuk bisa bertanding di sana.

“Nah, setelah Zohri merebut medali perak dengan catatan waktu 10.13 detik di Doha, saya desak kembali penyelenggara Seiko GP. Antara lain saya sebutkan Zohri hanya kalah dari sprinter Jepang Yoshinide di Doha (Yoshinide ikut bertarung di Seiko GP ini). Akhirnya mereka memberikan Zohri lintasan dan Zohri menjadi pelari undangan dalam Seiko GP ini,” tutur Tigor.

Tak ada lain, mendapatkan satu tiket ke olimpiade adalah target besar yang bisa diminta oleh masyarakat Indonesia terhadap Zohri.

Saat ini, setahun sebelum pesta olahraga terbesar di dunia dihelat di Ibu Kota Jepang, atlet berusia 18 tahun itu tinggal mempersiapkan diri dan terlebih dahulu memberikan yang terbaik di SEA Games Manila, November-Desember nanti. (lan)