Kastara.ID, Jakarta – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta mengadakan Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus/Pengelola Koperasi Berbasis Teknologi Informasi (TI) di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat.

Pelatihan yang berlangsung 18-21 Juni tersebut diikuti 180 peserta dari lima wilayah kota di DKI Jakarta.

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta Adi Ariantara mengatakan, pelatihan bertujuan agar pengurus dan pengelola koperasi dalam menyajikan laporan keuangannya lebih baik, akurat, dan akuntabel.

“Kami berikan bekal pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan sikap kerja kepada para pengelola koperasi, serta peningkatan pemahaman pada sistem akuntansi untuk koperasi berbasis TI,” ujarnya, Rabu (19/6).

Adi menjelaskan, untuk membangun basis koperasi yang kuat dan profesional, maka koperasi harus dikelola secara profesional dan akuntabel. Laporan keuangan harus dapat disusun secara cepat dan akurat berbasis komputerisasi.

“Kita ingin sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola koperasi dengan lebih baik dan benar,” terangnya.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) KUKMP DKI Jakarta Parulian Tampubolon menambahkan, untuk tenaga pengajar atau instruktur yang memberikan materi adalah tenaga profesional dan akademisi dari Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (PIBI Ikopin).

Adapun materi yang disampaikan meliputi pengantar koperasi, jati diri dan kelembagaan koperasi, analisis bukti transaksi, pencatatan pada buku jurnal, pengelompokan pada buku besar, laporan keuangan, perkenalan komputer akuntansi koperasi, dan praktik akuntansi koperasi berbasis TI.

“Kami menggunakan metode tatap muka, tanya jawab dan diskusi, simulasi, serta studi kasus,” tandasnya. (hop)