Kastara.id, Depok – Walikota Depok Mohammad Idris membuka pekan koperasi Kota Depok di lapangan Balai Kota Depok, Kamis (19/7) dan ditandai dengan pemukulan bedug. Hadir Ketua Dekopinda Kota Depok, Ketua TP PKK Kota Depok, Ketua DKUM Kota Depok, serta penggerak dan penggiat koperasi-UMKM di Kota Depok.

Pekan koperasi dalam rangka HUT ke-71 Koperasi yang digagas DKUM Kota Depok mengusung tema koperasi bergerak bersama untuk ekonomi kerakyatan, Depok Unggul. Menurut Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan, pekan koperasi akan berlangsung selama tiga hari, 19–21 Juli 2018, di lapangan Balai Kota.

Tujuan pekan koperasi ini untuk mengokohkan gerakan koperasi, meningkatkan peranan koperasi dalam perekonomian, dan meningkatkan minat masyarakat terhadap koperasi. “Semoga pekan koperasi ini bisa terus mendorong koperasi untuk mensejahterakan anggotanya dan warga Depok,” harap Fitriawan.

Sementara Wali Kota Depok mengatakan bahwa upaya strategis pemberdayaan koperasi saat ini adalah dengan mereformasi koperasi secara total lewat tiga komponen reformasi, yaitu Rehabilitasi, Reorientasi dan Pengembangan Koperasi.

Menurut Idris, rehabilitasi melalui pendataan koperasi sebagai dasar untuk pembenahan koperasi akan menampilkan kondisi nyata koperasi yang aktif, tidak aktif, dan yang baru berdiri. Sehingga pemberdayaan yang dilakukan sesuai dengan data.

Demikian pula soal reorientasi, yaitu tidak berorientasi atau berlomba mendirikan koperasi. Tetapi berientasi pada peningkatan kualitas. Demikian pula dengan pengembangan agar seluruh kebijakan dan program yang dilaksanakan pada setiap level pemerintah difokuskan kepada pengembangan koperasi.

Dalam kesempatan tersebut, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71, Pemkot Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) memberikan penghargaan kepada enam koperasi berprestasi. Penghargaan tersebut untuk memberikan motivasi dan dorongan bagi koperasi mengembangkan usahanya.

Koperasi yang mendapatkan perhargaan adalah Koperasi Karyawan PT Energizer Indonesia, Koperasi Karyawan PT Abbott  Indonesia, Koperasi Karyawan PT TOA Galva Industri Usaha Kita, Koperasi Karyawan Rumah Sakit Puri Cinere, Koperasi Jasa Keuangan Syariah Bina Usaha Muhajirin, dan Koperasi Sukses Bersama.

Menurut Fitriawan, penghargaan kepada enam koperasi tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan seperti keaktifan koperasi dalam menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara rutin. Juga kesehatan finansial koperasi, kepengurusan koperasi, dan omzet yang diperoleh.

“Selain itu, penghargaan ini diberikan kepada koperasi yang belum mendapatkan. Kalau yang sudah raih penghargaan pada satu atau dua tahun lalu tidak kami berikan lagi,” ujar Fitriawan.

Fitriawan juga berharap, penghargaan tersebut akan memberikan motivasi kepada koperasi menjadi lebih aktif dan maju dalam pengelolaan koperasi. Pada akhirnya akan menciptakaan koperasi di Kota Depok yang sehat, tangguh, dan mandiri. (rud)