Pencak Silat
Kastara.ID, Jakarta – Dua atlet pencak silat Indonesia, Muhammad Agil Pakaya dan M.Zaki Zikrillah, dipastikan lolos ke babak semifinal Asean Schools Games (ASG) 2019. Hasil tersebut diraih setelah mereka menumbangkan wakil Brunei Darussalam dalam pertandingan yang digelar di Hotel Patrajasa, Semarang, Jumat (19/7).
Agil yang turun pada kelas B nomor tarung putra berhasil ‘melipat’ Awg Muhd Asyhari Amni Bin Muhd Ariff. Sementara Zaki yang turun mengalahkan lawannya, Awg Mohd Alif Asyrof bin Mohd Jaafar pada Kelas C menyusul untuk lolos ke semifinal dalam ajang bergengsi untuk pelajar di kawasan Asia Tenggara ini. “Dengan hasil ini anak-anak (Agil dan Zaki) kita melalui babak penyisihan ini dan langsung ke semifinal,” ujar Pelatih Pecak Silat Indonesia Bondan Wirawan.
Menurut Bondan, hasil kemenangan yang diraih dari dua pesilat didikannya telah diprediksi sebelumnya. Hal ini dilihat setelah dari awal pertandingan dua petarungnya tersebut yang dinilai begitu fokus dan tenang. “Hasil ini didapat karena kita bisa (bertanding) tenang dan fokus sesuai instruksi yang diberikan. Ke depan kalau bertanding dengan tenang jangan sampai pecah saya bisa lebih baik lagi,” katanya.
Tentu permainan tersebut diharapkan dapat bertahan hingga pertandingan puncak dalam perebutan medali. Bukan tidak mungkin jika bertanding di tengah fokus dan ketenangan petarung Indonesia dapat meraih medali emas sesuai yang diharapkan. “Jadi kuncinya yang fokus dan tenang sehingga atlet kita tidak terlalu kerja keras. Semoga kita bisa melalui dan yakin dapat target medali. Optimis sekali 90 persen,” tutupnya.
Setelah Agil dan Zaki, wakil Merah Putih lainnya Putra Indi Sangfanata dan I GD Arya Widhyantara juga akan menjalani pertandingan, Jumat (19/7). Putra akan berhadapan dengan wakil Thailand, MR Yotsapat Masuphap. Sedangkan I GD Arya Widhyantara akan menghadapi wakil Filipina, Miguel Ian Alangre. Mereka akan turun pada nomor D dan E nomor tarung putra. (lan)