MotoGP 2018

Kastara.id, Spielberg – Manajer teknis Honda MotoGP Takeo Yokoyama meyakini bahwa pihak HRC mampu memberikan paket RC213V “yang sesuai” untuk gaya balap Jorge Lorenzo tahun depan.

Hal itu mengingat adaptasi Lorenzo di Ducati sangat lama dan sulit karena sebelumnya ia menggunakan motor Yamaha selama sembilan tahun. Tapi akhirnya Lorenzo mampu menaklukkan Desmosedici usai mendapat model tangki baru sejak seri Mugello lalu.

Lalu bagaimana dengan motor RC213V, yang terkenal sulit ditangani? Kekhawatiran beberapa pihak pun mulai muncul. Mereka berpendapat bahwa Lorenzo akan mengalami kesulitan di Honda tahun depan, sebagaimana ia kesulitan di Ducati tahun lalu.

Namun, berbicara dalam konferensi pers selama akhir pekan di Brno lalu, Yokoyama-san menyatakan keyakinannya bahwa Honda dapat membangun “motor yang sangat baik” untuk Lorenzo.

“Tentu saja kita sadar gaya balap Lorenzo, itu sangat berbeda dengan apa yang dimiliki Marc Marquez,” kata pria Jepang itu kepada MotorSport Week.

“Kami sadar akan hal ini, paling tidak sampai dia mencoba motor kami, yang tidak begitu buruk, kami tidak akan pernah tahu persis apa yang harus kami lakukan. Tapi saya cukup yakin bahwa perusahaan seperti Honda dengan HRC, akan dapat kita adaptasikan dengan gaya balap apa pun,” tegasnya.

“Lorenzo sudah jelas pembalap juara yang kuat, dan saya yakin dia bisa memberi kami umpan balik yang bagus, dan berdasarkan umpan balik darinya, saya yakin kami bisa membuat motor yang sangat bagus untuknya. Seberapa berbeda motor yang harus kita buat untuknya, saya tidak bisa mengatakan sampai dia mulai mencoba motor kami di Valencia nanti,” papar Yokoyama.

Untuk melihat performa Lorenzo di atas motor Honda, mari kita tunggu pada November mendatang. (dwi)