Papua

Kastara.ID, Jakarta – Aksi beruntun oleh mahasiswa dan masyarakat Papua disebabkan adanya demonstrasi memprotes insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu. Ditambah lagi dengan adanya lontaran kata-kata yang bersifat rasis.

Aksi ini disambut dengan melakukan aksi besar-besaran di Manokwari pagi tadi (19/8). Akibatnya massa membakar gedung DPR, sebuah mobil, sebuah rumah dan tiga aparat luka-luka. Tak ada laporan korban jiwa dalam aksi ini dan aktivitas umum sekitar kejadian aksi sempat lumpuh. Aksi massa ini menyebabkan sebagian pertokoan dan perkantoran bahkan sekolah ditutup dan diliburkan sementara.

Jayapura dan Sorong melakukan aksi serupa. Massa melakukan long march menuju kantor gubernur. Polisi mengawal massa yang mulanya berkumpul di tiga titik yaitu Waena, Abepura, dan Jalan Dok 9. Sementara aksi di Sorong dilakukan di Bandara Domine Eduard Osok. Tak berhenti sampai di sana, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumatera Utara (Sumut) ikut menyambut aksi solidaritas ini dengan melakukan long march dari asrama di Jalan Dr Mansyur Medan menuju ke kantor DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol (19/8). (rya)