Headline

UAS Dilaporkan, Polisi Diminta Tangkap Penyebar Video

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi meminta pihak kepolisian mengusut kasus penyebaran video ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS). Pasalnya ceramah tiga tahun lalu yang menjelaskan tentang salib dan patung itu diduga sengaja disebarkan untuk memancing isu Suku Agama Rasa dan Antar Golongan (SARA). MUI meminta polisi mengungkap motif dan tujuan pelaku menyebarkan video tersebut.

Dalam keterangan yang disampaikan pada Senin (19/8), Zainut menyayangkan beredarnya video yang menimbulkan polemik tersebut. Ia pun meminta semua pihak menahan diri dan tidak terpancing provokasi pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan perpecahan dan keresahan di masyarakat. MUI juga meminta semua pihak bersikap dewasa dan berhati-hati agar masalah ini tidak semakin membesar dan melebar ke mana-mana.

Sebelumnya, pada Sabtu (17/8) ormas yang menamakan diri Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan UAS ke Polda NTT. Brigade Meo menuduh UAS telah menistakan salib dan patung yang menjadi simbol agama Katolik dan Kristen. Anggota Brigade Meo, Jimmy Ndeo, mengatakan bahwa video ceramah UAS telah meresahkan dan mencederai umat Katolik dan Kristen di Indonesia, terutama di NTT.

Itulah sebabnya Jimmy menilai UAS harus bertanggung jawab atas pernyataannya tersebut. Meski demikan, Jimmy menegaskan pihaknya melaporkan UAS dalam kapasitas sebagai pribadi. Brigade Meo mengaku laporannya tidak terkait dengan umat Islam. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…