Stik Games Nissan

Kastara.id, London – Nissan menciptakan GT-R/C, sebuah mobil impian para gamer yang dapat dikendalikan melalui stik games. Lewat teknologi ini Nissan menyatukan keseruan bermain games virtual dengan realita melalui Nissan GT-R/C yang dapat dikendalikan seutuhnya melalui stik Dual Shock®4.

Kendaraan yang diuji coba pembalap NISMO Jann Mardenborough di Silverstone hanya dengan menggunakan tombol atau joystick pada DualShock®4 mampu mencapai kecepatan hingga 196 mph tanpa duduk di belakang kemudi tetapi cukup dikendalikan Jann dari kokpit helikopter Robinson R44 Raven II yang telah memiliki ijin khusus untuk terbang rendah.

GT-R/C dimodifikasi di Inggris oleh JLB Design Ltd., menggunakan mesin spek R35 542 bhp V62011. Pada putaran tercepat yang dicatat Mardenborough (1:17:47), kecepatan rata-rata GT-R/C mencapai 76 mph/122 kph dan kecepatan tertinggi di 131mph/211 kph. Sementara kecepatan rata-rata pada sirkuit sepanjang 1.6 mil/2.6 km ini adalah sekitar 83 mph/134 kph.

GT-R/C dilengkapi dengan empat robot yang mengendalikan kemudi, transmisi, rem, dan tuas gas. Enam komputer dipasang untuk memperbaharui kendali hingga 100 kali per detik. Posisi kemudi juga diukur menjadi 1/65.000 posisi. Sementara kendali DualShock®4 tanpa modifikasi terhubung dengan mikro komputer yang menerjemahkan sinyal dari tombol dan joystick untuk diteruskan ke sistem on-board GT-R/C. Operasi nirkabel ini memiliki jangkauan kendali utama hingga satu kilometer.

GT-R/C juga dilengkapi dengan dua sistem keselamatan independen yang beroperasi pada frekuensi radio yang berbeda, hal ini memungkinkan adanya dua operator tambahan melakukan pengereman ABS penuh dan mematikan mesin jika operator utama kehilangan kendali. Untuk membantu Mardenborough menilai kecepatan kendaraan di tikungan, sensor Racelogic VBOX Motorsport dipasang untuk mengirimkan data kecepatan ke layar LCD di bagian kokpit helikopter.

Pada tahun 2018 Nissan GT-R/C akan dibawa tur ke sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris untuk mempromosikan karir masa depan di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik dan Matematika. (koes)