Kang Pisman

Kastara.ID, Jakarta – Kang Pisman (kurangi, pisahkan, manfaatkan), merupakan program pengelolaan sampah yang dikenalkan Wali Kota Bandung Oded M Danial, dalam Konferensi Internasional Zero Waste City Conference (ZWCC) di Penang, Malaysia, 14-15 Oktober 2019. Tahun ini ZWCC mengangkat tema “Solutions to Plastic Pollution in Asia”, dan Kang Pisman menjadi satu dari sembilan model pengelolaan sampah terbaik dari lima negara.

Menurut Oded, Kang Pisman merupakan program pengelolaan sampah jangka panjang. Tujuannya tidak hanya sekedar mengedukasi tentang pengelolaan sampah, namun mengubah gaya hidup masyarakat agar lebih ramah lingkungan serta tidak memproduksi banyak sampah, serta bijak dalam penggunaan barang sekali pakai (18/10).

Goal-nya yaitu menciptakan Kota Bandung sebagai Zero Waste City.

Untuk mendukung program ini, Pemerintah Kota Bandung telah melengkapi infrastruktur berupa tempat sampah, instrumen pemilahan sampah, serta penyiapan petugas. Oded mengklaim, dengan adanya program Kang Pisman, rata-rata 79 ton sampah per hari dapat dimanfaatkan kembali. Hal ini mampu mengurangi 852 ton sampah perbulan yang dikirim ke tempat pembuangan akhir. (yan)