Anugerah Parahita Ekapraya 2018

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2018 untuk kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya memuwujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla kepada Anies di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi penambah motivasi. Pemprov DKI dan seluruh jajarannya berkomitmen untuk memastikan ada kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi perempuan di Jakarta,” ujar Anies, Rabu (19/12).

Anies menjelaskan, program-program maupun kebijakan yang dilaksanakan Pemprov DKI juga memberikan keberpihakan kepada kaum perempuan.

“Kita lakukan program pemberdayaan hingga pelatihan-pelatihan pengembangan diri bagi perempuan hingga di kampung-kampung,” terangnya.

Anies menambahkan, dirinya turut mengapresiasi atas kinerja seluruh aparatur di Pemprov DKI yang sudah bekerja sepenuh hati, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk kaum perempuan.

“Saya hanya mewakili untuk menerima penghargaan ini. Ada ratusan ribu orang yang bekerja di Pemprov DKI. Insya Allah, minimal kita akan pertahankan prestasi ini tahun depan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati menambahkan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya juga diraih oleh Wali Kota Jakarta Timur, Wali Kota Jakarta Utara, dan Wali Kota Jakarta Barat.

“Kami tentu berharap, ke depan prestasi yang diraih semakin banyak lagi,” katanya.

Tuty menambahkan, pengarusutamaan gender merupakan isu lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemprov DKI. Untuk itu, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman pentingnya pelaksanaan pengarusutamaan gender di seluruh SKPD.

“Kesetaraan ini menjadi komitmen Pak Gubernur. Program sudah ada, anggaran juga sudah dialokasikan, tinggal kita melakukan pelaksanaan dengan sebaik mungkin,” tandasnya.

Untuk diketahui, terdapat empat kategori Anugerah Parahita Ekapraya, masing-masing yakni, Tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembang), Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan), serta Tingkat Mentor.

Penghargaan tersebut diberikan melalui penilaian atas tujuh komponen kunci yaitu, Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, serta Partisipasi Masyarakat. (nth)