Anugerah Parahita Ekapraya

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kota Depok kembali meraih penghargaan. Pagi tadi, Wali Kota Depok Mohammad Idris menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama. Anugerah tersebut secara simbolis diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12).

Menteri PPPA Yohana Yambise mengatakan bahwa penghargaan APE ini diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua.

“Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia. Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat Negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” ungkap Menteri Yohana.

Ditemui usai menerima penghargaan, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Komitmen Pemerintah Kota Depok memastikan bahwa pembangunan bisa dinikmati secara adil dan merata untuk laki-laki dan perempuan sejak anak, dewasa, lansia maupun difabel,” kata Idris.

Dengan strategi PUG, melalui perencanaan yang responsive gender, mewajibkan semua Perangkat Daerah menyusun anggaran yang responsive gender. Capaian implementasi PUG ini menjadikan IPG 93,05 (Indeks Pembangunan Gender) dan IDG 81,4 (Indeks Pemberdayaan Gender) Kota Depok sampai Tahun 2017 meningkat dan lebih tinggi dari IPG Jawa Barat bahkan IPG Indonesia.

Kota Depok telah meraih penghargaan APE sejak tahun  2012, dan pada tahun 2018 meraih APE Utama, meningkat dari tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2016 meraih APE Madya. (npm)