Aerosport

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meresmikan venue pusat pelatihan Aerosport ‘Haruman Jingga’, Bukit Nangkod, Gunung Haruman, Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Peresmian ditandai dengan menombol sirine antara Menpora bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Menpora sangat bangga atas dibangunnya lokasi latihan olahraga dirgantara ini. Pemerintah, lanjutnya, sangat mengapresiasi dan berharap venue latihan ini bisa digunakan sebaik mungkin.

“Terima kasih, sangat bersyukur dan tentunya bangga atas dibangunnya pusat pelatihan aerosport ini. Juga, sangat bangga kepada masyarakat yang telah ikhlas memberikan tanahnya tanpa ganti rugi seperti yang dilaporkan tadi, ini merupakan tujuan yang mulia, menuju latihan aerosport,” kata Menpora di lokasi acara, Kamis (19/12).

Lebih lanjut, Menpora sepakat dengan Marsekal Yuyu untuk mengembangkan olahraga dirgantara ini. Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang memiliki pemandangan alam yang bagus tidak boleh kalah dengan negara lain untuk memajukan olahraga dan pariwisata.

“Saya setuju dengan Pak Yuyu untuk mengembangkan olahraga ini. Kita dorong secara bersama-sama dan saya harap ini bisa menjadi andalan. Berbangga lah masyarakat Garut yang punya area ini. Saya ingin ini lokasi dipelihara dengan baik, jaga sebaik mungkin dan buatlah senyaman mungkin jika ada tamu yang datang,” jelas Menpora.

Sementara itu, Marsekal Yuyu Sutisna juga mengharapkan yang sama. Pihaknya akan terus membina olahraga dirgantara. “Tak hanya jadi venue olahraga, lokasi ini akan dijadikan edukasi juga. Kita nantinya akan berkerja sama dengan pihak terkait, saya komitmen untuk meningkatkan olahraga ini. Semoga ini bisa menjadi tempat yang kita banggakan,” katanya.

Hadir dalam kesempatan ini Komandan Korpaskhas TNI Marsekal Muda Eris Widodo, Bupati Garut Rudy Gunawan, dan sejumlah pejabat lainnya. Sebelumnya, rombongan memotong pita ketika memasuki kawasan pusat pelatihan aerosport. Lalu Menpora menandatangani prasasti serta menyerahkan piagam penghargaan kepada pelatih paralayang dan gantole. (tra)